get app
inews
Aa Read Next : Disdukcapil Ciamis Jemput Bola Perekaman E-KTP Warga Penyandang Disabilitas

Ada Tumpukan Sampah dan Pencemaran Lingkungan di Ciamis, Warga Bisa Laporkan Lewat Aplikasi Si Jagal

Jum'at, 24 November 2023 | 20:06 WIB
header img
Ada Tumpukan Sampah dan Pencemaran Lingkungan di Ciamis, Warga Bisa Laporkan Lewat Aplikasi Si Jagal. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Warga Tatar Galuh Ciamis dapat menyampaikan keluhan terkait pencemaran lingkungan atau tumpukan sampah tak terangkut melalui aplikasi Si Jagal.

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis meluncurkan aplikasi ini sebagai upaya mempermudah masyarakat menyampaikan laporan atau pengaduan terkait kondisi lingkungan.

Kepala DPRKPLH Ciamis, Dr H Taufik Gumilar ST, mengatakan, aplikasi Si Jagal adalah layanan berbasis web (Android) yang memungkinkan warga Ciamis melaporkan kondisi lingkungan hidup secara langsung. 

"Dengan mengunduh aplikasi Si Jagal dari play store, warga dapat menyampaikan keluhan tanpa harus melalui surat atau laporan langsung ke kantor DPRKPLH," kata Taufik, Jumat (24/11/2023).

Sekdis DPRKPLH Ciamis, Giaytno S.IP MSi, menambahkan, aplikasi ini memungkinkan warga melaporkan kerusakan lingkungan, pencemaran, atau persoalan terkait pelindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di lokasi masing-masing. "Warga diimbau untuk melaporkan dengan menyertakan fakta dan data yang akurat," ujar Giayatno. 

Aktivis lingkungan dari Peduli Lingkungan Galuh Asri (Pedal Gas), Noer JM, memberikan dukungan terhadap inisiatif pemerintah meluncurkan aplikasi Si Jagal.

Meskipun banyak warga Ciamis memiliki smartphone, Noer menekankan pentingnya tindak lanjut dan implementasi dari pengaduan melalui aplikasi tersebut. 

"Sosialisasi tentang aplikasi Si Jagal juga dianggap perlu dilakukan secara meluas, melibatkan berbagai elemen masyarakat," kata Noer. 

Dengan diluncurkannya aplikasi Si Jagal, diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, serta memberikan dampak positif bagi penanganan masalah lingkungan di Kota Ciamis.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut