get app
inews
Aa Read Next : Santri Ponpes As-Syifa Subang Gelar Aksi Solidaritas Bela Palestina

Lautan Manusia dalam Aksi Solidaritas untuk Palestina di Kabupaten Tasikmalaya

Sabtu, 18 November 2023 | 13:27 WIB
header img
Lautan Manusia dalam Aksi Solidaritas untuk Palestina di Kabupaten Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Gelombang aksi solidaritas untuk Palestina terus mengalir di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Tasikmalaya, pada Sabtu (18/11/2023). Puluhan ribu masyarakat Kabupaten Tasikmalaya menggelar aksi solidaritas bela Palestina di depan Masjid Agung Baiturrahman, Kecamatan Singaparna.

Aksi ini, yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Organisasi Islam Kabupaten Tasikmalaya, dihadiri oleh seluruh Forkopimda Kabupaten Tasikmalaya, termasuk Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurulyakin, dan Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi.

Pantauan di lokasi menunjukkan bahwa aksi solidaritas ini dimulai dengan shalat ghaib dan doa bersama. Ribuan massa kemudian melanjutkan dengan longmarch dari berbagai titik, mengikuti rute Tugu Lam Alif - Jalan Baru Haramai Pst al-furqon - Jalan Cimerah - Jalaj Ciputri - Alun-alun Singaparna - Jalan Kalawagar Sukahaji - Jalan Pemda - hingga mencapai Halaman Masjid Agung Kabupaten Tasikmalaya.

Sepanjang perjalanan, puluhan ribu peserta aksi tak henti-hentinya melantunkan solawat dan meneriakan dukungan untuk kemerdekaan Palestina yang masih dijajah oleh zionis Israel. Atribut-atribut berbagai bentuk juga dibawa oleh masyarakat yang turut serta dalam aksi ini.

Ketua Pelaksana Aksi, Anwar Ansori, menyatakan bahwa aksi solidaritas ini melibatkan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, dan pemerintahan. Diperkirakan sekitar 50 ribu orang hadir dalam aksi ini.

Anwar Ansori menjelaskan bahwa berbagai kegiatan diadakan dalam aksi ini, seperti shalat ghaib, doa bersama, istighosah, longmarch, orasi, penggalangan dana, pernyataan 9 sikap yang ditandatangani oleh Bupati Tasikmalaya dan Forkopimda. Pernyataan sikap ini nantinya akan dikirimkan kepada Pemerintah Indonesia.

Terkait jumlah total donasi yang terkumpul dalam aksi ini, Anwar Ansori belum dapat menghitung secara keseluruhan. Namun, ia berharap donasi dapat mencapai 1 miliar rupiah.

"Penggalan dana tidak dibatasi hari ini, tapi terus dilakukan. Belum bisa ditentukan karena masih berjalan. Mungkin diperkirakan ada ratusan juta. Karena ada satu di satu kecamatan yang mencapai 75 juta," ungkapnya.

Menanggapi antusiasme masyarakat dalam aksi ini, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto menegaskan bahwa sikap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan mendukung perjuangan Palestina melawan penjajahan zionis Israel.

"Aksi bela Palestina ini adalah tindakan konstitusional yang dilindungi oleh konstitusi. Selain itu, telah terjadi penistaan atas kemanusiaan. Bangsa yang beradab harus melawan ini, tidak boleh dibiarkan. Perang kejahatan Israel harus segera dihentikan," tegas Ade.

Ade Sugianto memaparkan bahwa bantuan terus diberikan kepada warga Palestina yang masih berjuang melawan zionis Israel. Ia juga mengingatkan bahwa Palestina merupakan negara yang pertama kali memberikan dukungan kepada Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan pada tahun 1944.

"Jadi kita bantu balik berjuang untuk Palestina merdeka. Palestina adalah bangsa yang pertama kali memberikan dukungan kepada NKRI pada tahun 1944," katanya.

Mengenai boikot terhadap produk-produk Yahudi yang memberikan bantuan kepada Israel, Ade Sugianto menyatakan setuju dengan pemboikotan tersebut.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut