get app
inews
Aa Read Next : Space Eight Biliar Hadir di Tasikmalaya, Sekda: Jadi Tempat Rekreasi Baru dan Pembinaan Atlet

Sambut Hari Sungai Nasional, Komunitas Republik Air Tasikmalaya Lakukan Patroli Kondisi Ciwulan

Rabu, 26 Juli 2023 | 18:42 WIB
header img
Sambut Hari Sungai Nasional, Komunitas Republik Air Tasikmalaya Lakukan Patroli Kondisi Ciwulan. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Menyambut Hari Sungai Nasional, komunitas Republik Air Tasikmalaya melakukan patroli air di sungai Ciwulan, Rabu (26/07/23) siang.

Selain memunguti sampah, patroli air yang melibatkan belasan komunitas pecinta lingkungan, juga melakukan pengukuran kualitas air sungai.

Dengan menggunakan 14 perahu karet, tim Republik Air menyusuri sungai Ciwulan, mulai dari Kampung Leuwibudah hingga finish di Kampung Leuwibilik, Kelurahan Leuwiliang, Kecamatan Kawalu.

Di lokasi finish, dua peneliti dari lembaga riset Ecoton Gresik, Jatim, melakukan pengukuran kualitas air beberapa unsur yang terkandung di dalamnya.

"Yang diukur diantaranya, mikroplastik, fosfat dan lainnya," kata Ara, peneliti Ecoton Gresik.

Ara menyebutkan, beberapa unsur yang diteliti adalah unsur yang mempengaruhi kadar kualitas air sungai Ciwulan.

"Nanti akan diketahui seperti apa tingkat pencemaran sungai Ciwulan, kaitannya dengan keamanan kualitas air untuk ikan maupun manusia," ujar Ara.

Seperti unsur mikroplastik, menurut Ara, hasil penelitian tahun 2022 kadar mikroplastik air sungai Ciwulan sudah pada level ambang maksimal yakni 0,2 ffp.

"Nah untuk hasil yang sekarang belum ada. Kami berharap menurun sehingga lebih aman untuk kehidupan terutama ikan," kata Ara.

Presiden Republik Air Tasikmalaya, Harniawan, mengatakan, hasil penelitian dari Ecoton Gresik akan didiskusikan dengan instansi terkait di Pemkot Tasikmalaya.

"Hasilnya nanti kami bawa ke Pemkot. Kalau hasilnya memburuk dibanding tahun lalu, mungkin akan dilakukan langkah-langkah strategis mengingat Sungai Ciwulan selama ini menjadi salah satu sumber penghidupan warga kota," pungkas Mang Obech, panggilan akrab Presiden Republik Air Tasikmalaya.

Ia menambahkan, kegiatan patroli air di Sungai Ciwulan dalam rangka menyambut Hari Sungai Nasional yang jatuh pada hari Kamis, 27 Juli 2023 besok.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut