Banjir Rendam Jalan AH Nasution Mangkubumi, Sejumlah Motor Mogok

Heru Rukanda
.
Jum'at, 14 Januari 2022 | 19:29 WIB
Banjir Rendam Jalan AH Nasution Mangkubumi, Sejumlah Motor Mogok.(Foto: iNewsTasikmalaya.id/Ist)

TASIKMALAYA, iNews.id – Hujan deras yang mengguyur Kota Tasikmalaya pada Jumat (14/1/2022) menyebabkan banjir di Jalan AH Nasution tepatnya di depan pom bensin Mangkubumi.

Ketinggian banjir diperkirakan mencapai lebih kurang 50 centimeter. Sejumlah kendaraan roda 2 atau sepeda motor yang memaksakan menerjang banjir pun mogok sehingga harus didorong.

Akibat banjir, arus lalu lintas di Jalan AH Nasution pun menjadi terhambat dan terjadi kemacetan dari ke 2 arah, baik dari arah Bunderan Linggajaya maupun dari arah Singaparna.

Salah seorang warga Mangkubumi, Irwan (38) mengatakan, setiap hujan deras jalan di depan pom bensin Mangkubumi dapat dipastikan terendam banjir.

“Saya mau pulang sampai muter lewat Sambong. Jalan jadi macet karena banjir,” ujar Irwan.

Menurutnya, antrean kendaraan yang diakibatkan banjir mengular hingga Bunderan Linggajaya Bypass. Begitu pun sebaliknya, kendaraan dari arah Singarparna antre hingga Cipari.

“Ya kalau hujannya deras seperti sekarang pasti banjir. Makanya saya jalannya muter ke Sambong,” kata dia.

Banjir juga melanda Puskesmas Kahuripan di Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Air hujan yang mengalir dari Jalan Siliwangi mengalir ke areal puskesmas.

Menurut Kepala Puskesmas Kahuripan Asep Rahmad Diana mengatakan, banjir kerap terjadi setelah adanya proyek pembangunan revitalisasi gorong-gorong di Jalan Siliwangi.

“Awalnya gorong-gorong tidak tertutup, tapi setelah ada revitalisasi menjadi tertutup dan air langsung masuk ke areal puskesmas,” ujar Asep.

Air banjir juga memasuki puskesmas dengan ketinggian lebih kurang 20 centimeter sampai 40 centimeter. Akibat dari banjir sejumlah dokumen pun tidak dapat digunakan karena rusak.

“Saya mohon pihak terkait bisa mencari solusi agar puskesmas tidak kebanjiran lagi,” kata dia.

Editor : Asep Juhariyono
Bagikan Artikel Ini