get app
inews
Aa Read Next : Cheka Virgowansyah Lepas Peserta MTQ ke-8 Kafilah Kota Tasikmalaya, Target Masuk 5 Besar

Cheka: Belum Ada Laporan Hewan Kurban di Kota Tasikmalaya Terkena LSD dan PMK

Jum'at, 23 Juni 2023 | 21:33 WIB
header img
Cheka: Belum Ada Laporan Hewan Kurban di Kota Tasikmalaya Terkena LSD dan PMK. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.idPj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah memastikan bahwa di Kota Tasikmalaya belum ditemukan adanya hewan kurban yang terpapar penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau pun Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal tersebut disampaikan Cheka saat mengecek langsung hewan-hewan yang dijual di lapak-lapak penjualan hewan kurban di Kota Tasikmalaya, Jumat (23/6/2023).

Kendati demikian, lanjut Cheka, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya untuk tetap selalu mamastikan kesehatan hewan kurbannya.

“Sampai saat ini belum ada laporan PMK dan penyakit menular lainnya di Kota Tasikmalaya,” ujar Cheka.

Menurutnya, pengecekan hewan kurban bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tasikmalaya ini untuk mengantisipasi dan mencegah penyakit hewan menular seperti PMK jelang Idul Adha 2023.

“Kita juga lakukan pengecekan vaksinasinya. Alhamdulillah, sejauh ini hewan kurban yang dijual sudah divaksinasi,” ucapnya.

Cheka menambahkan, pengecekan ini dilakukan untuk memastikan bahwa sapi atau kambing yang disembelih pada saat Hari Raya Idul Adha 2023 nanti dalam kondisi sehat.

“Kita juga pantau lalu lintas hewan yang masuk ke Kota Tasikmalaya dengan mengecek surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) nya. Sehingga hewan yang masuk ke Kota Tasikmalaya betul-betul hewan yang sehat tidak membawa penyakit,” tandasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut