Logo Network
Network

Polhut KPH Tasikmalaya Disiagakan Bantu Pengamanan Objek Wisata Gunung Galunggung Saat Libur Lebaran

Heru Rukanda
.
Senin, 24 April 2023 | 16:19 WIB
Polhut KPH Tasikmalaya Disiagakan Bantu Pengamanan Objek Wisata Gunung Galunggung Saat Libur Lebaran
Polhut KPH Tasikmalaya Disiagakan Bantu Pengamanan Objek Wisata Gunung Galunggung Saat Libur Lebaran. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Polisi Hutan (Polhut) KPH Tasikmalaya lakukan pemantauan dan pengamanan sejumlah objek wisata yang dikelola oleh PT Palawi, salah satunya Gunung Galunggung. 

Komandan Redu (Danru) Polhut KPH Tasikmalaya, Salim, mengatakan, pihaknya diminta bantuan oleh Palawi untuk melakukan pemantauan dan pengamanan sejumlah objek wisata di Tasikmalaya. 

"Kami melakukan pengamanan di tempat-tempat wisata seperti di Galunggung, Curug Badak, Bukit Panyangrayan, dan Pasir Datar," kata Salim di Kawah Gunung Galunggung, Senin (24/4/2023).

Menurutnya, pengamanan yang dilakukan oleh Polhut KPH Tasikmalaya dilakukan secara mobile. Personel yang bertugas mengecek ke masing-masing tempat wisata yang dikelola oleh Palawi maupun Perhutani. 

"Sejauh ini situasi di beberapa objek wisata yang kami pantau masih dalam situasi aman dan lancar," ujarnya. 

Ia menuturkan, pengamanan yang dilakukan oleh polhut ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang menikmati masa libur Lebaran. 

"Pengamanan tempat wisata kami tingkatkan selama libur Lebaran hingga selasai akhir pekan ini," ucapnya. 

Sementara itu, Site Manager Priangan yang membawahi wana wisata Gunung Galunggung, Sumarsono mengatakan, di hari ketiga libur Lebaran 2023 ini tingkat kunjungan ke Gunung Galunggung relatif mengalami peningkatan terutama yang ke pemandian air panas alami Cipanas Galunggung. 

"Alhamdulillah, ada peningkatan kunjungan yang ke Cipanas. Mudah-mudahan di sisa libur Lebaran ini masih akan terus bertambah," kata Sumarsono. 

Pantauan iNewsTasikmalaya.id di lapangan, wisatawan yang datang ke tempat wisata Gunung Galunggung datang dari dalam dan luar Tasikmalaya. 

Dari plat nomor kendaraan yang masuk ke kawasan Galunggung tampak mereka berasal dari Tasikmalaya, Garut, Jakarta, Bandung, Bogor, Purwakarta dan daerah lainnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.