get app
inews
Aa Read Next : VIDEO: Pemkot Tasikmalaya Gandeng BHRD dan Kemenag untuk Kalibrasi Arah Kiblat

Warga Tasikmalaya Sholat Gerhana Matahari Hibrida di Masjid-Masjid

Kamis, 20 April 2023 | 13:33 WIB
header img
Warga Tasikmalaya Sholat Gerhana Matahari Hibrida di Masjid-Masjid. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Warga Tasikmalaya melaksanakan sholat Gerhana Matahari Hibrida di masjid-masjid. Seperti halnya di Masjid At-Taqwa, Perumahan Mega Mutiara Tasikmalaya Regency (MMTR), Kelurahan Cibunigeulis, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Kamis (20/4/2023).

Jamaah Masjid At-Taqwa perum MMTR tampak khusyuk melaksanakan sholat sunnah Gerhana Matahari Hibrida dua rakaat. Tidak hanya kaum adam, kaum hawa pun tampak ikut melaksanakan sholat sunnah gerhana matahari di masjid.

Salah seorang ustadz di Masjid At-Taqwa perum MMTR, ustadz Engkos Kosasih mengatakan, gerhana matahari merupakan fenomena alam yang merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah swt.

“Hari ini kami melaksanakan sholat gerhana matahari. Fenomena alam ini adalah tanda kebesaran dan kekuasan Allah,” kata ustadz Engkos.

Menurutnya, pelaksanaan sholat gerhana matahari ini sebagai ketaatan umat muslim terhadap sang pencipta dan memohon selalu diberikan keselamatan dan keberkahan.

“Kita berdoa mudah-mudahan mendapatkan ridha-Nya, bangsa Indonesia aman dan tentram,” ujarnya.

Menjelang terjadinya Gerhana Matahari Hibrida, gema takbir mengagungkan sang pencipta berkumandang dari masjid-masjid melalui pengeras suara.

Diketahui, fenomena alam Gerhana Matahari Hibrida terjadi pada Kamis (20/4/2023). Menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), fenomena alam ini terjadi ketika dalam satu waktu fenomena gerhana ada daerah lain yang mengalami Gerhana Matahari Total atau Gerhana Matahari Cincin, tergantung dari lokasi dan pengamatan.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut