get app
inews
Aa Text
Read Next : Bawaslu Kota Tasikmalaya Didemo Terkait Penanganan Pelanggaran Pilkada 2024

Kemenparekaf: Pariwisata Adalah Bisnis Kebahagiaan, Ciptakan dan Kuncinya Harus Gotong Royong

Sabtu, 18 Maret 2023 | 19:11 WIB
header img
Kemenparekaf: Pariwisata Adalah Bisnis Kebahagiaan, Ciptakan dan Kuncinya Harus Gotong Royong. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, Dwi Marhen Yono, mengatakan, pariwisata adalah bisnis kebahagiaan. Hal itu dikatakan Dwi Marhen saat berkunjung ke Gedung Creative Center (GCC) Kota Tasikmalaya, Sabtu (18/3/2023).

“Poinnya bagaimana kita menciptakan kebahagiaan kepada pengunjung atau wisatawan yang datang ke Tasikmalaya,” kata Dwi Marhen.

Menurutnya, ketika wisatawan sudah merasa bahagia, maka mereka akan mengeluarkan uangnya. Untuk membuat wisatawan bahagia di antaranya tempatnya bersih kemudian pelaku usaha maupun masyarakatnya ramah.

Untuk itu, lanjut dia, semua pelaku usaha harus bersama-sama agar yang datang ke Kota Tasikmalaya ini bahagia dan selalu ingin kembali lagi.

“Semua harus bersama, gotong royong, tanggung renteng seluruh pelaku usaha agar yang datang ke Tasik itu bahagia. Tidak ada satu orang yang kuat, semua harus bersama. Dengan sentuhan kreativitas dan inovasi, kami yakin pariwisata Tasikmalaya bisa maju,” ujarnya.

Ia menuturkan, Kota Tasikmalaya memiliki banyak potensi pariwisata maupun ekonomi kreatifnya. Dwi menyebut jika Kota Tasikmalaya adalah gudangnya atlet, artis, dan tokoh lainnya.

“Kota Tasikmalaya itu gudangnya atlet, seperti ada Susi Susanti. Bagaiamana kita jual sport tourismnya, kita jual itu. Buat sesuatu tentang Susi Susanti, misal SD, SMP di mana, kemudian tempat pertama kali latihannya di mana, itu bisa jadi perjalanan sejarah, dan dikemas dengan baik,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya GCC ini bisa menjadi wadah atau tempat berkumpul untuk berdiskusi mencari solusi agar pariwisata di Kota Tasikmalaya ini maju.

“Kemudian, dari hasil riset bahwa pariwisata nomor satu itu seni budaya lokal. Sehingga kalau datang ke Tasik itu ada pertunjukan seni budaya. Kata kuncinya harus gotong royong,” tandasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, dengan kedatangan Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, diharapkan bisa membantu memasarkan produk-produk ekonomi kreatif Kota Tasikmalaya semakin menasional.

“Kendala kita itu karena ekonomi kreatif belum banyak dikenal. Oleh karena itu, kita datangkan dari kemenparekaf direktur pemasaran dalam negeri, untuk semakin mengenalkan Kota Tasikmalaya dan ekonomi kreatifnya ke seluruh Indonesia, sehingga wisatawan bisa datang dan menikmati industri kreatif yang ada di Kota Tasikmalaya,” ujarnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut