get app
inews
Aa Read Next : 432 Jemaah Haji 2024 Kloter 2 Gelombang 1 dari Garut Dilepas dan Diberangkatkan di Pendopo

Longsor Tutup Akses Jalan Nasional di Cilawu Perbatasan Garut-Tasikmalaya

Sabtu, 25 Desember 2021 | 17:00 WIB
header img
Longsor Tutup Akses Jalan Nasional di Cilawu Perbatasan Garut-Tasikmalaya. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Ist)

TASIKMALAYA, iNews.id - Bencana tanah longsor terjadi di Kampung Cigangsa, Desa Sukamaju, Kabupaten Garut, Sabtu (25/12/2021) sore. 

Material longsor menutup badan Jalan Raya Cilawu perbatasan Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Akses jalan dari ke 2 arah tertutup total tidak dapat dilalui kendaraan. 

Longsor yang menyebabkan terputusnya akses jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya tersebut diakibatkan hujan deras yang terus mengguyur sekitar lokasi kejadian dengan intensitas tinggi. 

Sejauh ini, informasi yang dihimpun iNewsTasikmalaya.id di lapangan belum diketahui terkait adanya korban luka maupun jiwa dalam musibah longsor tersebut. 

Menurut salah seorang warga, Adi (29) material longsor menutupi badan jalan sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan.

"Akses jalan terputus total pak. Petugas kepolisian dan TNI serta BPBD sudah ada di lokasi tapi alat berat belum ada," ujar Adi.

Dikatakan dia, longsor terjadi sekira pukul 16.00 WI. Saat kejadian, hujan sedang turun dengan deras.  "Terdengar suara gemuruh kemudian longsor," kata dia.

Menurut dia, sejauh ini warga berusaha mengevakuasi material longsor dengan alat seadanya berupa cangkul. "Evakuasi material longsor harus dengan alat berat. Kata petugas akan segera dikirim ke sini," ucapnya.

Akibat longsor tersebut, akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Garut dengan Kabupaten Tasikmalaya terputus total. Warga yang hendak ke Garut maupun sebaliknya diimbau untuk mencari jalan alternatif karena sampai saat jalan masih tertutup material longsor.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut