get app
inews
Aa Read Next : Warga Cijerah Tasikmalaya Ceria Ngobeng Bareng Diky Chandra

Laiknya Model Top, Pelajar di Tasikmalaya Tampilkan Busana dari Bahan Bekas di Galaxii Fest XII 2022

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 19:18 WIB
header img
Laiknya Model Top, Pelajar di Tasikmalaya Tampilkan Busana dari Bahan Bekas di Galaxii Fest XII 2022. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Laiknya model top yang sedang berjalan di atas catwalk, para pelajar di Tasikmalaya memperagakan busana hasil karya sendiri dalam kegiatan Galaxii Fest XII di halaman Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Jumat (28/10/2022).

Uniknya, kostum yang mereka gunakan dalam fesyen show Galaxii Fest XII 2022 itu terbuat dari bahan bekas. Seperti halnya busana karya pelajar dari SMA Negeri 1 Tasikmalaya yang memamerkan busana dari bahan bekas hasil kreativitasnya yang terbuat dari karung goni, plastik, kertas, dan botol bekas.

Rancangan busana hasil kreativitas para siswa ini tidak tampak seperti terbuat dari barang bekas. Karung goni, plastik, dan botol bekas mereka sulap menjadi sebuah karya busana yang menarik.

“Busana yang diperagakan hari ini di Galaxii Fest XII murni hasil karya para siswa. Mereka membuatnya dari bahan-bahan bekas yang bisa didaur ulang seperti karung goni, plastik, dan botol bekas minuman ringan,” ujar Guru Seni Budaya, SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya, Yopi Samsul Arifin, Jumat (28/10/2022).

Ia menuturkan, konsep dari kostum yang diperagakan dalam karnaval budaya Galaxii Fes XII 2022 yaitu recycle (daur ulang). Semua bahan yang digunakan untuk membuat kostum terbuat dari barang bekas yang bisa didaur ulang.

“Persiapan sih mendadak. Kebetulan di sekolah ada kelas recycle dan kebetulan ada kegiatan ini (galaxii fest) ya sekalian ditampilkan,” tuturnya.


Karnaval Budaya Galaxii Fest XII 2022. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

Karnaval budaya ini diikuti oleh ratusan perserta dari siswa SMA, SMK, dan SLB se-Kota/Kabupaten Tasikmalaya. Para peserta pun menampilkan pakaian adat dari berbagai daerah di Nusantara, seperti pakaian adat dari Aceh, Jawa Barat, dan Bali.

Galaxii Fest XII 2022 ini mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. “Ini adalah inovasi dari KCD XII untuk memberikan semangat kepada siswa. Satu hikmah kegiatan ini membangun silaturahmi, antara guru dan siswa. Ini kegiatan sangat hebat kita dukung,” kata Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Sementara itu, panitia penyelenggara Galaxii Fest XII 2022, Dadan Rahmayana mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan di halaman Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya ini merupakan puncak Galaxii Fest XII.

“Galaxii Fest XII ini merupakan kegiatan kali pertama di Jawa Barat. Galaxii Fest ini tentang kreatif art, yaitu menampilkan talent yang baik dalam band, kreasi seni, dan kreatif industri dalam bentuk karnaval budaya,” ujar Dadan.

Ia menuturkan, kegiatan lainnya yaitu olahraga voli, baskes, dan jalan santai. Kemudian untuk edukasinya ada pendidikan tentang perbankan.

“Total peserta 330 sekolah. Kalau peserta saat ini ada sekitar 12 ribu siswa. Untuk peserta karnaval budaya ratusan siswa dari perwakilan masing-masing sekolah, baik SMA,SMK dan SLB,” ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut