Logo Network
Network

Wabup Tasikmalaya Tanam Pohon di Lahan Kritis, Cegah Bencana Akibat Lahan Gundul

Nanang Kuswara
.
Rabu, 01 Desember 2021 | 13:15 WIB
Wabup Tasikmalaya Tanam Pohon di Lahan Kritis, Cegah Bencana Akibat Lahan Gundul
Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin melakukan penanaman pohon area bantaran Sungai Ciliwung, Desa Bojongkoneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor. (Foto: Instagram Wakil Bupati Tasikmalaya @cecepnurulyakin77)

TASIKMALAYA, iNews.id - Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin mengajak warga untuk mewujudkan program penanaman pohon di lahan kritis yang berada di sejumlah wilayah di Kabupaten Tasikmalaya.

Hal itu disampaikan pasca mengikuti Kopdar Jabar bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang dilanjutkan dengan penanaman pohon di area bantaran Sungai Ciliwung, Desa Bojongkoneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Saat itu dicanangkan secara simbolis program penanaman 10 juta pohon di sejumlah lahan kritis setelah sebelumnya sukses melaksanakan program penanaman dan pelihara 50 juta pohon di Jawa Barat.

“Dan sesuai arahan dari Pak Gubernur, kami akan berkoordinasi dengan SKPD terkait guna menginventarisir program penanaman pohon di lahan kritis yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Tujuannya meminimalisir dan mencegah terjadinya bencana akibat lahan yang sudah tidak ada pepohonan penahan air,” ungkap Cecep, Rabu (1/12/2021).

Bagi masyarakat yang mau berpartisipasi dalam penanaman pohon, kini ada aplikasi Sistem Infomasi Kontribusi Bibit Jawa Barat (Simantri Bibit).

Yang menyediakan layanan menu penyediaan bibit pohon dan lahan yang akan dipilih, penanaman dilakukan oleh petugas Dinas Kehutanan yang selanjutnya dilaporkan kepada masyarakat.

“Untuk itu, terkhusus masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, mari sama sama wujudkan program penanaman pohon di lahan kritis, karena kalau bukan oleh kita, maka oleh siapa lagi bumi ini akan dirawat,” ujar Cecep.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.