get app
inews
Aa Read Next : KPU Kabupaten Tasikmalaya Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati

Banjir Bandang Terjang 4 Desa di Kecamatan Sukaratu Tasikmalaya

Senin, 03 Oktober 2022 | 20:53 WIB
header img
Banjir Bandang Terjang 4 Desa di Kecamatan Sukaratu Tasikmalaya. Foto: Tangkapan Layar/IST

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.idBanjir bandang menerjang wilayah Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (3/10/2022) sore. Banjir luapan dari Sungai Cibanjaran dan Sungai Ciloseh berdampak terhadap 4 desa.

Kapolsek Sukaratu, Polres Tasikmalaya Iptu Mahmud Darmana mengatakan, hujan derasa yang terus menguyur wilayah Sukaratu dan sekitarnya mengakibatkan bencana alam berupa banjir.

“Banjir datang sekira pukul 17.00 WIB, ada 4 desa yang terendam, yaitu Desa Linggajati, Tawang Banteng, Sinagar, dan Sukagalih,” ujar Iptu Mahmud.

Menurutnya, banjir merendam areal pesawahan, akses jalan dan beberapa rumah warga di 4 desa. Banjir berasal dari luapan Sungai Cibanjaran dan Ciloseh yang memang mengalir di wilayah Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

“Derasnya hujan membuat air Sungai Cibanjaran dan Ciloseh meluap sehingga air masuk ke pemukiman warga,” ucapnya.

Dia mengatakan, daerah yang terdampak banjir yaitu Kampung Ciponyo, RT002/010, Desa Linggajati, Kampung Ciponyo, RT002/020, Desa Tawang Banteng, Kampung Babakan Kondang, Desa Sinagar, dan Kampung Parakan Kawung, Desa Sukagalih, Kecamatan Sukaratu.


Banjir Bandang Terjang 4 Desa di Kecamatan Sukaratu Tasikmalaya. Foto: IST
 

“Jadi hujan deras sejak sore wilayah Sukaratau dan Gunung Galunggung, sungai tidak mampu menampung air sehingga meluap ke jalan dan perkampungan,” kata Kapolsek Sukaratu.

Ia menambahkan, untuk ketinggian air yang masuk ke perkampungan sekitar 5 cm sampai 10 cm. Sejauh ini dampak banjir tidak sampai menyebabkan korban jiwa dan hanya menimbulkan kerugian materi saja.

“Tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian materi sampai saat ini belum bisa ditaksir berapa banyaknya. Saat ini air sudah surut,” pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut