get app
inews
Aa Read Next : Jalur Cikatomas-Cilopadang Ciamis Terancam Putus, Tebing di Pinggir Jalan Longsor

Wabup Tasikmalaya Sebut Wilayahnya Paling Rawan Bencana: Jangan Lengah!

Kamis, 25 November 2021 | 13:52 WIB
header img
Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin memimpin apel kesiapsiagaan bencana di Halaman Kantor Setda Pemkab Tasikmalaya Jalan Raya Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Nanang Kuswara)

TASIKMALAYA, iNews.id - Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin memimpin apel kesiapsiagaan bencana di Halaman Kantor Setda Pemkab Tasikmalaya Jalan Raya Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut Cecep dalam sambutannya, wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki 39 kecamatan dan 351 desa merupakan daerah terbesar ke-4 di Jawa Barat.

Disamping itu, kondisi alamnya juga memiliki risiko yang cukup besar terhadap timbulnya kerawanan bencana.

“Mulai bencana longsor, banjir, gerakan, tanah, kekeringan, hingga letusan gunung api di Kabupaten Tasikmalaya itu ada semuanya. Makanya pada tahun 2020 silam saja tercatat sebanyak 387 kejadian bencana yang berakibat kerugian material mencapai miliaran rupiah. Persoalan itulah yang kemudian saya minta untuk diwaspadai, jangan lengah,” ungkap Cecep, Kamis (25/11/2021).

Hadir dalam apel kesiapsiagaan bencana tersebut dari BPBD, Relawan, PMI, Tagana, Basarnas Pos SAR Tasikmalaya, TNI, Polri, Satpol PP, serta sejumlah tenaga dari intansi terkait lainnya yang menyatakan kesiapannya untuk bergerak setiap saat apabila bencana benar-benar terjadi.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya bersama untuk mengkampanyekan upaya upaya mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana agar dapat menekan angka kerugian atau angka terdampak bencana. Dimana saat ini yang dihadapi dua ancaman bencana sekaligus, ancaman hidrometerologi dan pandemi Covid 19 yang belum usai,” ujar Cecep.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut