get app
inews
Aa Read Next : Wisatawan Asal Bandung Meninggal Tertabrak Perahu Wisata di Pantai Pangandaran

Pantai Terindah di Indonesia Bak Surga Dunia, Bikin Betah dan Ingin Kembali

Senin, 29 Agustus 2022 | 12:13 WIB
header img
Pantai Terindah di Indonesia Bak Surga Dunia, Bikin Betah dan Ingin Kembali. (Foto: pantainesia)

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.idPantai terindah di Indonesia bak surga dunia yang bikin betah masih banyak jumlahnya. Pantai-pantai di Indonesia pun masih banyak yang asri.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia tentunya dianugrahi ribuan pantai yang indah. Dari ribuan pantai yang ada, beberapa di antaranya patut dan layak disebut sebagai surga dunia yang tersembunyi.

Hamparan pasir putih, deburan ombak, biota laut yang bervariasi dan terumbu karang yang indah,  menjadi daya tarik dari pantai di Indonesia untuk dikunjungi wisatawan.

Berikut deretan pantai terindah di Indonesia bak surga dunia yang bikin betah dan ingin kembali dirangkum dari berbagai sumber, Senin (29/8/2022).

1. Pulau Papatheo


Pantai Terindah di Indonesia Bak Surga Dunia, Bikin Betah dan Ingin Kembali. (Foto: Pulauseribu)

Salah satu pulau wisata yang ada di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, yang bisa dijadikan tempat camping seru adalah pulau Papatheo.

Pulau ini adalah sebuah pulau tanpa penghuni yang kini menjadi pulau tempat wisatawan melakukan aktivitas camping atau memancing. Pulau Papatheo juga sering disebut Pulau Petondan Kecil.

2. Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate merupakan sebuah taman laut yang memiliki gugusan terumbu karang berbentuk cincin, pulau atau serangkaian pulau (atol) yang sangat luas.

Taman Nasional Taka Bonerate bukan hanya memiliki alam yang sangat indah, namun memiliki beragam daya tarik yang sangat memikat.

Keseruan yang dinanti para pengunjung yang datang ke Taman nasional Taka Bonerate ialah bermain bersama Baby Shark atau bayi hiu.

Kamu akan dikelilingi oleh bayi-bayi ikan hiu yang berenang mengitarimu, keadaan tersebut hanya dapat kamu rasakan ketika berada di Pulau Tinabo.

3. Pantai Tanjung Bira

Pantai yang keindahannya tidak perlu diragukan lagi adalah Tanjung Bira di mana area pantai yang rapi dan bersih ini sangat mengagumkan dengan tekstur lembut hamparan pasirnya.

Berlokasi di ujung selatan Pulau Sulawesi, siapapun yang datang ke tempat ini akan dibuat terpukau dan nyaman dengan adanya pohon kelapa berjajar berikut kokohnya bukit karang.

Kegiatan seru yang bisa membuat lupa waktu di Tanjung Bira adalah berjemur, snorkeling, menyelam, dan berenang.

4. Pantai Srau

Pantai Srau memiliki pasir putih yang lembut dan menawan. Kemudian, arus ombaknya tidak begitu besar, sehingga aman bagi wisatawan yang ingin berjalan di tepiannya.

Lokasi Pantai Srau dengan pusat Kota Pacitan jaraknya tidak begitu jauh. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit. Akses pantai ini akan lebih mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua.

5. Pantai Tiga Warna

Malang memiliki berbagai macam pantai, salah satunya adalah Pantai Tiga Warna. Keunikan utama Pantai Tiga Warna Malang adalah warna airnya yang berbeda-beda, yakni biru, hijau, dan putih. Perbedaan warna ini disebabkan oleh kedalaman air laut.

Selain itu, ombak di pantai ini sangat tenang, karena ombak besar dari Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu.

6. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo berada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini telah lama dikenal dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur.

Satu hal yang membuat pantai ini unik dan menjadi pembeda dari pantai-pantai lainnya, adalah keberadaan sebuah air terjun mini yang terletak di muka pantai

7. Pulau Panaitan

Pulau Panaitan  merupakan sebuah pulau yang terletak paling barat di ujung Semenanjung Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang dipisahkan oleh sebuah selat sempit.

Perbukitan Pulau Panaitan terbentuk oleh hutan yang masih asli dengan kombinasi vegetasi hutan mangrove, hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah. Keadaan hutan yang masih asli ini ditemukan oleh berbagai jenis satwa liar seperti rusa, kancil, babi hutan, kera ekor panjang, buaya, kadal, ular phyton, dan aneka jenis burung.

8. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini juga mirip dengan Pantai Kuta di Bali, potensi ombaknya sangat  cocok untuk tempat berselancar.

Pantai yang dulunya bernama Pantai Ringin Pitu ini dikenal karena punya bukit hijau kecil dengan pantai sejauh 200 meter dan tanah yang berwarna kemerahan terdapat di dekat bibir pantai.

9. Pantai Ora

Pantai Ora terletak di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Pantai Ora mempunyai pemandangan yang sangatlah indah.

Pantai ini mempunyai pasir putih yang lembut dan juga deburan ombak yang tidak begitu tinggi, serta suasananya yang sangat tenang membuat tempat ini serasa milik pribadi.

10. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung memiliki hamparan pasir putih yang begitu cantik. Ditambah lagi air lautnya yang berwarna biru kehijauan dan pulau-pulau karang serta pohon pinus yang ada di kawasan pantai ini semakin mempercantik pemandangan di pantai ini. Pantai ini terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Jika anda memiliki waktu longgar jangan lupa menyempatkan untuk datang ke pantai yang satu ini, maka anda tidak akan merasa kecewa. Kelestarian alam dan kebersihan dari pantai yang satu ini masih terbilang sangatlah alami.

11. Pantai Kasap

Pantai ini memiliki pemandangan yang mirip dengan salah satu Pantai di Indonesia yang cukup populer yaitu Pantai Raja Ampat. Untuk Menikmati view yang mirip dengan Pantai raja Ampat Anda harus naik ke bukit di sebelah pantai ini dengan melewati jalan setapak.

Pantai ini masih tergolong alami dan belum di kelola penuh oleh pemerintah. Pantai ini memang belum banyak dikunjungi orang.

12. Pantai Pasir Timbul, Lampung

Seperti namanya, Pulau ini isinya hanya pasir putih yang akan timbul atau terlihat ketika air laut sedang dalam kondisi surut. Kalau sedang pasang maka pulau ini tidak akan terlihat sama sekali.

Saat paling baik untuk ke tempat ini adalah ketika siang hari. Tempat ini umumnya hanya digunakan untuk berfoto karena terdapat bukit yang bagus untuk digunakan sebagai background foto.

13. Pantai Nihiwatu

Pantai berpasir putih ini mendapat julukan Left God Waves karena keganasan dan kesempurnaan ombaknya. Ombak di Nihiwatu diklaim sebagai salah satu yang tercepat di dunia

Nihiwatu adalah sebuah pantai di Sumba Barat, pantai yang jarang sekali disebutkan sebagai objek wisata Indonesia, dan ternyata masuk dalam 20 besar pantai terbaik dunia.

14. Pantai Iboih

Pantai Iboih juga sering dikenal dengan Teupin Layeu, terletak di sebelah barat Pulau Weh, ujung barat Pulau Aceh. Pantai di Aceh ini menawarkan berbagai macam keindahan yang akan membuat wisatawan yang berkunjung terkesan.

Air lautnya yang jernih dan memiliki warna gradasi hijau biru ditambah hamparan pasir putihnya yang bersih dan dikelilingi oleh hutan lindung, Iboih bagaikan “surga” tersembunyi yang memiliki nuansa tenang dan damai.

15. Pantai Koka


Pantai Terindah di Indonesia Bak Surga Dunia, Bikin Betah dan Ingin Kembali. (Foto: Google Maps)

Pantai Koka atau yang dijuluki dengan The Dream Beach ini terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Kota Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata favorit di Maumere.

Pemandangan indah dengan hamparan pasir putih dan birunya laut di Pantai Koka menjadi daya tarik tersendiri. Air laut di pantai ini begitu jernih dan masih alami belum terjamah oleh tangan-tangan jahil.

Terumbu karang yang menghiasi air lautnya juga turut mempercantik pemandangan Pantai Koka. Bahkan warga setempat memanfaatkan keberadaan hasil laut Pantai Koka sebagai sandaran hidupnya.

16. Pantai Tomini

Teluk Tomini dikenal sebagai salah satu surga bagi para penyelam karena kekayaan biota bawah lautnya yang masih lestari. Keindahan alamnya yang tiada tara membuat siapa saja yang mengunjunginya betah berlama-lama untuk menikmati birunya laut dan hamparan terumbu karang.

Teluk yang luasnya mencapai 6 juta hektare dengan 90 pulau ini terletak tepat di atas garis khatulistiwa. Itu sebabnya, kawasan Teluk Tomini ini kaya akan terumbu karang dan biota laut.

17. Pantai Olele

Pantai Olele juga merupakan pintu gerbang menuju Taman Laut Olele. Di sana, pasirnya berwarna putih bersih, terumbu karangnya memesona, dan ada banyak biota laut yang indah. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa beberapa biota laut di tempat ini tidak akan ditemukan di pesisir lain.

Di sana, ada terumbu yang bentuknya unik, menyerupai karya seni ukir seniman Picasso dari Italia. Masyarakat menyebutnya Terumbu Karang Picasso. Bagi penyuka diving dan snorkeling, tempat ini merupakan pilihan tepat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut