Pria Bertopeng dan Tongkat Diamankan Warga di Salopa Tasikmalaya

Indra Sanjaya
Pria Bertopeng dan Tongkat Diamankan Warga di Salopa Tasikmalaya. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalayaid – Warga Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, digegerkan dengan kemunculan seorang pria bertopeng yang membawa tongkat pada Minggu malam (6/10/2024). Pria tersebut diamankan oleh warga karena gerak-geriknya yang mencurigakan. 

Momen penggeledahan tas yang dibawa pria itu pun direkam oleh beberapa warga. Dalam tas tersebut ditemukan berbagai barang pribadi, pakaian, dan sebuah topeng yang semakin menimbulkan kecurigaan. 

Dalam video yang beredar, pria misterius ini diminta mengenakan topeng yang ada di dalam tasnya. Sambil membawa tongkat, pria yang belum diketahui identitasnya tersebut mengaku sedang meminta-minta di sekitar lokasi.

“Saya hanya meminta-minta, Pak, seperti biasanya,” ungkap pria tua tersebut dalam rekaman video yang kini viral.

Menyadari situasi yang dapat berpotensi menimbulkan keresahan, pihak kepolisian setempat segera turun tangan. Pria tersebut kemudian diamankan oleh petugas kepolisian untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pria itu pun dibawa ke Polsek Salopa untuk diperiksa lebih lanjut.

“Kami mendapat laporan dari warga dan langsung mengirimkan tim ke lokasi kejadian untuk mengamankan pria tersebut,” jelas AKP Ridwan Budiarta, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya, pada Senin (7/10/2024).

Isu yang beredar mengenai pria misterius ini disebut-sebut meneror warga dengan mengetuk pintu di malam hari, namun informasi ini dibantah tegas oleh pihak kepolisian.

Warga justru menemukan pria tersebut sedang berjalan di Jalan Raya pada dini hari dan menganggap gerak-geriknya mencurigakan.

“Ketika sedang ronda malam, warga melihat pria itu berjalan di pinggir jalan raya dan merasa curiga. Setelah diperiksa, ditemukan barang-barang seperti pakaian dan topeng di tasnya. Itu hanya bentuk antisipasi dari warga, tidak ada tindakan melanggar hukum yang dilakukan pria tersebut,” ungkap AKP Ridwan Budiarta.

Pria tersebut juga mengaku bahwa topeng yang dibawanya merupakan barang temuan dari tempat sampah, dan ia tidak pernah menggunakannya selama di jalan. Topeng itu hanya dikenakannya saat diminta oleh warga di pos ronda.

“Waktu diamankan, pria tersebut memang sedang berjalan di jalan raya. Topeng itu ia dapat dari tempat sampah dan hanya dibawa-bawa, tidak pernah dipakai sebelumnya. Saat di pos ronda, warga yang memintanya untuk mengenakan topeng tersebut,” tambah Ridwan.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, polisi berhasil melacak keluarga pria tersebut. Berdasarkan informasi dari keluarganya, pria itu berasal dari Garut dan didiagnosis mengalami depresi ringan. Ia sering keluar malam dan sudah lama meninggalkan rumah.

“Kami telah menghubungi keluarganya. Berdasarkan keterangan keluarga, pria ini mengalami depresi ringan. Kami akan memastikan dengan bukti medis yang diberikan oleh keluarganya,” kata AKP Ridwan Budiarta.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network