Rumah 2 Lantai di Pemukiman Padat Penduduk di Tasikmalaya Hangus Terbakar

Kristian
Rumah 2 Lantai di Pemukiman Padat Penduduk di Tasikmalaya Hangus Terbakar. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Sebuah rumah dua lantai di Kampung Empang Wetan, Kelurahan Empangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, terbakar pada Senin (9/9/2024) sore.

Rumah yang terletak di kawasan padat penduduk ini mengalami kebakaran hebat yang hingga kini penyebabnya masih dalam penyelidikan.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Kota Tasikmalaya, dengan bantuan Tagana dan pihak Kepolisian, harus berjuang keras untuk memadamkan api. 

Mereka harus melalui gang kecil selebar 1 meter untuk mencapai lokasi kebakaran. Setelah berhasil menjangkau lokasi, petugas Damkar segera menyambungkan selang air untuk memadamkan api yang melahap rumah tersebut.

Ketua RT 05 RW 06 Kampung Empang Wetan, Adiana, mengungkapkan bahwa dirinya menerima informasi kebakaran tersebut saat hendak mandi. Salah seorang warga memberitahu bahwa rumah milik Bapak Jajan dan Ibu Eni terbakar.

"Saya hendak mandi ketika tiba-tiba warga memberitahukan ada kebakaran. Saat saya lihat, api sudah besar sekali. Saya langsung melapor ke Damkar," kata Adiana di lokasi kejadian.

Meskipun demikian, Adiana belum mengetahui secara pasti penyebab munculnya api yang menyebabkan kebakaran tersebut.

"Belum tahu awalnya dari mana, ini masih diselidiki. Alhamdulillah, semua penghuni selamat, meskipun mungkin sedikit trauma," tambahnya.

Kapolsek Tawang Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Sumarso, menyatakan bahwa api berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar dalam waktu 30 menit. 

"Berkat informasi dari masyarakat, jajaran Polsek Tawang bersama BPBD, Damkar, dan Tagana berhasil memadamkan api," ujar Sumarso.

Sumarso juga menegaskan bahwa penyebab kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan. "Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran ini. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material," jelasnya.

Meskipun kebakaran terjadi di wilayah padat penduduk, berkat kesigapan petugas Damkar dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai, api berhasil dipadamkan dengan cepat sehingga tidak merembet ke rumah lain. 

"Alhamdulillah, meskipun lokasi kebakaran berada di pemukiman padat dan cukup jauh dari jalan raya, sekitar 200 meter, petugas Damkar berhasil memadamkan api dengan cepat," tutupnya.

Dalam upaya memadamkan kobaran api, Damkar Kota Tasikmalaya mengerahkan dua mobil pemadam kebakaran, satu tangki air, dan 24 personel.

 

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network