Pemkot Tasikmalaya Komitmen Tingkatkan Keamanan Siber dengan CSIRT

Kristian
Pemkot Tasikmalaya Komitmen Tingkatkan Keamanan Siber dengan CSIRT. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya menunjukkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan keamanan siber dengan turut serta dalam acara peluncuran Computer Security Incident Response Team (CSIRT) gelombang ketiga. 

Acara yang berlangsung pada 22 Agustus 2024 di Aula Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ini dihadiri oleh Kadiskominfo Kota Tasikmalaya, Hanafi, yang mewakili Pemkot Tasikmalaya.

Peluncuran ini dibuka oleh Kepala BSSN Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian, didampingi oleh Wakil Kepala BSSN Komjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si, serta Kepala Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi Mayor Jenderal TNI Dominggus Pakel, S.Sos., M.M.Si.

Momen ini menjadi langkah strategis bagi Pemkot Tasikmalaya dalam memperkuat keamanan siber, sejalan dengan upaya melindungi data dan informasi penting di era digital saat ini.

Pembentukan Gov CSIRT di Pemkot Tasikmalaya sendiri didasarkan pada Surat dari BSSN No. T.1249/BSSN/D3/PS.02.02/05/2023, yang menunjuk Kota Tasikmalaya sebagai salah satu instansi pemerintah daerah yang terlibat dalam Program CSIRT Tahun 2024. 

Penunjukan ini juga menjadikan Kota Tasikmalaya sebagai bagian dari target Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Prioritas Nasional Tahun 2024.

Berbagai tahapan telah dilalui oleh Diskominfo Pemkot Tasikmalaya, mulai dari instalasi sistem pertahanan siber hingga uji coba sistem tersebut. 

Sebagai simbolisasi, Surat Tanda Register TasikmalayaKota-CSIRT diserahkan oleh Kepala BSSN kepada Kadiskominfo Kota Tasikmalaya, Hanafi, S.H., M.H.

"Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa Sistem Informasi Berbasis Elektronik (SIBE) yang digunakan oleh Pemkot Tasikmalaya terlindungi dengan baik dari berbagai ancaman siber," ujar Hanafi pada Senin (26/8/2024).

Dalam sambutannya, Kepala BSSN menekankan pentingnya peran CSIRT dalam melindungi dan mengamankan Sistem Informasi Berbasis Elektronik serta data rahasia di lingkungan pemerintahan. 

CSIRT diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam menghadapi ancaman siber dan memastikan keamanan serta kerahasiaan informasi di setiap instansi pemerintah, termasuk di Kota Tasikmalaya.

"Dengan terbentuknya Gov CSIRT ini, Pemkot Tasikmalaya siap menghadapi tantangan keamanan siber di masa depan demi menjaga integritas dan kedaulatan digital bangsa," tegasnya.

Acara peluncuran bersama CSIRT ini juga dihadiri oleh perwakilan dari 18 lembaga dan pemerintah kabupaten/kota lainnya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network