Pipa Utama Pecah, Pasokan Air Bersih untuk 12.500 Pelanggan Perumdam Tirta Galuh Ciamis Lumpuh Total

Andri M Dani
Pipa Utama Pecah, Pasokan Air Bersih untuk 12.500 Pelanggan Perumdam Tirta Galuh Ciamis Lumpuh Total. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Pasokan air bersih untuk 12.500 pelanggan Perumdam Tirta Galuh di wilayah Kota Ciamis terhenti total sejak sekitar pukul 12.00 WIB pada Jumat (23/8/2024) siang.

Gangguan ini terjadi akibat pecahnya pipa utama distribusi air di Jalan Tanjung Mangu, Lingkungan Cibeureum, Kelurahan Sindangrasa.

Pecahnya pipa utama yang berdiameter 500 mm (20 inci) ini menyebabkan distribusi air bersih dari instalasi penjernihan Sindangrasa ke jaringan pelanggan di wilayah layanan Cabang Ciamis Kota terhenti.

Insiden terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, dan segera setelah menerima laporan, aliran air bersih ke pipa utama langsung ditutup untuk mencegah kebocoran lebih lanjut.

"Pipa induk ini menyalurkan air bersih dari instalasi penjernihan Sindangrasa ke jaringan distribusi pelanggan di wilayah Ciamis Kota. Kejadian ini mengakibatkan pasokan air terhenti total sejak siang hari," ungkap Direktur Perumdam Tirta Galuh Ciamis, Amsi.

Ruas pipa yang pecah terletak di sisi Jalan Tanjung Mangu, tepatnya di belakang SMKN 1 Ciamis, sekitar 1 km dari instalasi penjernihan. Air sempat memancar deras, menggenangi jalan di sekitarnya.

"Setelah mendapat informasi, aliran air ke pipa utama langsung ditutup di instalasi penjernihan Sindangrasa," jelas Amsi.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network