Tukang Potong Rambut Identik dengan Garut, Ternyata Ini Alasannya!

Rina Angraeni
Ilustrasi cukur rambut. Tukang cukur rambut identik dengan Garut. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Kenapa tukang pangkas rambut identik dengan Garut? Ini alasannya yang jarang orang ketahui. Terlebih, fasilitasnya serta pemotongan rambutnya juga menjadi ciri khas.

Apalagi, kebanyakan dari tukang pangkas rambut ini rata-rata berasal dari Garut, terutama yang bertuliskan "Asgar" yang merupakan singkatan dari "Asli Garut".

Lantas, kenapa tukang pangkas rambut identik dengan Garut? Ini alasannya yang diungkapkan oleh Ali, seorang pemangkas rambut asli asal Garut.

Salah satunya karena banyak orang Garut memilih profesi sebagai tukang cukur rambut untuk ditekuni. Serta menjadi warisan turun-temurun keluarga dalam mempelajari pemotongan rambut.

Sementara itu, berdasarkan buku Eksistensi Pangkas Rambut Asgar di Kota Bandung, 1950-2016 (2021) yang ditulis Dedi Junaedi, menceritakan asal mula warga Garut memilih pekerjaan menjadi tukang cukur. 

Hal ini terjadi saat konflik bersenjata antara gerakan separatis DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia) pimpinan S.M Kartosoewirjo dengan TNI.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network