Layanan Panggilan Darurat Call Center GeCe 112 Resmi Diluncurkan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya

Kristian
Layanan Panggilan Darurat Call Center GeCe 112 Resmi Diluncurkan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya resmi meluncurkan layanan panggilan darurat call center Gerak Cepat (GeCe) 112 di halaman Bale Kota Jalan Ir Juanda, Kecamatan Bungursari, pada Selasa (19/3/2024) pagi.

Peluncuran GeCe 112 ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah bersama Sekda Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan, Kementerian Kominfo, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo RI, TNI-Polri, Kejari, Kadis Kominfo Kota Tasikmalaya, serta seluruh Jajaran Pemerintah Tasikmalaya (JPT) Pratama.

Cheka Virgowansyah mengatakan, kehadiran GeCe 112 tidak hanya sebagai layanan untuk kondisi darurat, tetapi juga sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan pemerintah.

"Pertama, ini untuk mendekatkan antara masyarakat dengan pemerintah. Masyarakat hanya perlu menelepon 112 untuk menghubungi pemerintah. Kedua, untuk meningkatkan pelayanan dengan mempercepat proses," ujar Cheka.

Dengan nama gerak cepat, diharapkan GeCe 112 dapat mempercepat proses pelayanan terutama dalam penanganan laporan darurat dari masyarakat Kota Tasikmalaya.

Terkait dengan bencana alam di wilayah Kota Tasikmalaya, Cheka mengatakan bahwa masyarakat dapat langsung menghubungi nomor tunggal 112.

"Jika terjadi kejadian seperti kecelakaan, kerusuhan, tawuran, tumpukan sampah, banjir, atau keadaan medis darurat, cukup hubungi 112 dan kami akan segera meresponsnya," jelasnya.

"Artinya, masyarakat dapat menelepon 112 untuk mendapatkan layanan langsung dari pemerintah," tambahnya.

Menurut Cheka, layanan GeCe 112 dapat diakses oleh semua masyarakat tanpa memerlukan pulsa telepon.

"Keuntungan dari GeCe 112 ini adalah tidak memerlukan pulsa, dan bahkan dapat diakses saat ponsel dalam keadaan terkunci," paparnya.

Saat ini, sudah ada enam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkoneksi dengan layanan GeCe 112. Namun, kedepannya, koneksi tersebut akan meluas hingga ke kantor kecamatan dan kelurahan.

"Ada enam SKPD yang sudah terkoneksi, yaitu BPBD, Kominfo, Dishub, Dinsos, Satpol PP, dan Dinas LH. Kedepannya, akan meluas lagi ke SKPD lainnya. Namun, keenam SKPD tersebut sudah siap," ungkap Cheka.

Layanan panggilan darurat nomor tunggal GeCe 112 yang resmi diluncurkan oleh Pemkot Tasikmalaya mendapatkan apresiasi dari Menteri Kominfo melalui Direktorat Pengembangan Pitalebar Kominfo, Agung Setio Utomo.

"Kami mengucapkan apresiasi kepada Pemkot yang telah menyelenggarakan layanan 112. Kami dari Kementerian bertanggung jawab atas penomoran telekomunikasi," kata Agung.

Agung berharap, Kota Tasikmalaya, sebagai kota ke-132 dari 514 Pemerintah Kabupaten/Kota yang memiliki nomor tunggal darurat, dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berinteraksi dengan pemerintah.

"Ini adalah langkah yang baik dalam mendekatkan diri kepada masyarakat, dan saatnya warga Kota Tasikmalaya mengingat satu nomor untuk panggilan darurat dalam segala keadaan," pungkasnya.

Di akhir acara, Cheka Virgowansyah mencoba melakukan simulasi dengan menelepon call center GeCe 112.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network