Kirab Budaya Janur Meriahkan Perayaan HUT ke-21 Kota Banjar

Budiana Martin
Kirab Budaya Janur Meriahkan Perayaan HUT ke-21 Kota Banjar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Ribuan warga memadati Jalan Letjend Suwarto, Kota Banjar, untuk menyaksikan Festival Kirab Budaya Janur dalam rangka perayaan Hari Jadi ke-21 Kota Banjar, Sabtu (24/2/2024).

Festival Kirab Budaya Janur menampilkan beragam penampilan seni tradisional dan budaya dari 25 Desa dan Kelurahan di Kota Banjar. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan kesenian tradisional dan marching band dari Kabupaten Ciamis serta Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN).

Masyarakat terlihat sangat antusias menyaksikan penampilan seni khas setiap desa/kelurahan dengan kostum yang unik, menarik, dan beragam, mulai dari yang ceria hingga yang mistis.

Beberapa kesenian unik yang ditampilkan dalam Festival Kirab Budaya antara lain Reog Dongkol, Jurig Sarengseng, Macan Lugay, Kakalongan, Badawang Kawung, dan berbagai kesenian lainnya.

"Kirab budaya ini selalu menjadi momen meriah setiap tahun saat peringatan hari jadi Kota Banjar," kata Dina, seorang warga Banjar yang hadir dalam acara tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, Kaswad, menjelaskan, bahwa Festival Kirab Budaya ini mengangkat makna janur sebagai simbol sosialisasi dan dorongan kepada masyarakat untuk aktif menanam pohon kelapa, yang keberadaannya saat ini mulai berkurang.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network