Mahasiswa New York University Belajar Main Wayang, Menabuh Kohkol, dan Gamelan di Ciamis

Andri M Dani
Mahasiswa New York University Belajar Main Wayang, Menabuh Kohkol, dan Gamelan di Ciamis. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

Malamnya, mahasiswa berkumpul ngariung ngawankong bermusyawarah dan menyaksikan pertunjukan wayang syiar. Pada Minggu (14/01/2024) pagi, sebagian mahasiswa NYU bergabung dengan ibu-ibu kelompok tani untuk berkebun, mengunjungi "Pasar Manoro," serta menyaksikan pesta rakyat "ngobeng" ngubyag balong dan lomba gebug bantal serta panjat bambu.

Mereka juga ikut dalam "Minggu Ulin" bersama warga, bermain kaulinan budak, dan mencoba aktivitas yang mungkin belum pernah mereka temui di Amerika, seperti main enggrang, pecle, sapintrong, serta gerak dan lagu tradisional. "Hebohnya tadi waktu main jajangkungan," kata Deni Weje.

Pada Senin (15/01/2024), para mahasiswa akan menikmati keindahan alam di kaki Gunung Sawal serta kejernihan air Sungai Cileueur di Cadas Ngampar Gunungsari sebelum kembali ke Bandung. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Short Winter Course (Winter School Embracing Diversity: challenges and context in sustainability) selama 2 minggu di SBM ITB.

Menurut Dr. Prameshwara Anggahegari, dosen SBM ITB, tahun 2024 merupakan tahun ketiga SBM ITB mendampingi mahasiswa asing untuk studi lapangan di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memahami budaya, tradisi, seni, ekonomi, dan aspek lain yang berhubungan dengan perbauran multikultural, keberagaman, dan tradisi. Kegiatan ini dilaksanakan setelah redanya pandemi Covid-19. Pada tahun 2022, mahasiswa dari Queensland, Australia, dan pada tahun 2023, sejumlah mahasiswa dari berbagai negara sudah mengikuti program serupa di Cibunar. "Tahun 2024 ini dari New York University," tambahnya.

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network