Momen Kirab Puluhan Ribu Santri Peringati HSN 2023 Tingkat Jabar di Tasikmalaya

Kristian
Momen Kirab Puluhan Ribu Santri Peringati HSN 2023 Tingkat Jabar di Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Puluhan ribu santri berpartisipasi dalam kirab peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Kota Tasikmalaya pada Minggu (22/10/2023).

Kirab dimulai setelah Apel HSN 2023 yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin, bersama Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, Kakanwil Jabar, Kapolda Jabar, dan Pangdam III/Siliwangi, serta tamu undangan lainnya. 

Ribuan santri beriringan melaksanakan kirab dari Stadion Wiradadaha hingga Masjid Agung Kota Tasikmalaya.

Para peserta kirab HSN 2023 membawa berbagai bendera, spanduk dengan nama pondok pesantren (ponpes) masing-masing, serta spanduk bertuliskan nama asal daerah yang dibawa oleh anggota Paskibraka Kota Tasikmalaya. Lagu khas NU, seperti Yaa Lal Wathon, mengiringi langkah mereka.

Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin, mengatakan, untuk kali pertamanya peringatan HSN 2023 digelar di Kota Tasikmalaya, bukan Kota Bandung.

 Pemilihan Kota Tasikmalaya sebagai lokasi peringatan HSN 2023 disebabkan oleh julukan kota ini sebagai Kota Santri.


Momen Kirab Puluhan Ribu Santri Peringati HSN 2023 Tingkat Jabar di Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

"Peringatan HSN tingkat Jabar dilaksanakan meriah di Kota Tasikmalaya. Ini pertama kali di luar Kota Bandung, dan masyarakat sangat antusias," kata Bey.

Berbagai kegiatan, termasuk Expo Kemandirian Pesantren, 

dan kirab, telah dilaksanakan di Komplek Dadaha Kota Tasikmalaya dalam rangkaian peringatan HSN 2023 tingkat Provinsi Jabar. 

Bey menyampaikan, komitmen Pemprov Jabar terhadap para santri akan terus diperkuat melalui program-program seperti kewirausahaan dan peningkatan kompetensi.

"Kami akan teruskan pendidikan dan upayakan agar para santri tidak tertinggal dalam menghadapi perubahan zaman," ujar Bey.

Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, mengungkapkan, sekitar 25 ribu santri dari berbagai daerah di Jabar hadir di Kota Tasikmalaya untuk mengikuti peringatan HSN 2023. 

Kehadiran ribuan santri ini berdampak positif pada ekonomi lokal, terutama karena bulan Oktober merupakan bulan di mana banyak acara diadakan di Kota Tasikmalaya.

"Hotel dan penginapan penuh di Kota Tasikmalaya. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) ramai. Semoga ini menjadi berkah bagi Kota Tasikmalaya," ujar Cheka.

Ia berharap, peringatan Hari Santri Nasional memperkuat pesantren di seluruh Indonesia dengan meningkatkan ilmu dan perekonomian, serta mendukung program one pesantren one produk, yang menghubungkan hasil produksi pesantren dengan pasar online.

Saat Apel Upacara HSN 2023, ribuan santri juga menggelar doa bersama untuk Palestina, yang saat ini tengah mengalami penindasan oleh Israel.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network