TPID Kota Tasikmalaya Gelar Operasi Pasar untuk Stabilkan Harga, Bulog Sediakan 10 Ton Beras

Heru Rukanda
TPID Kota Tasikmalaya Gelar Operasi Pasar untuk Stabilkan Harga, Bulog Sediakan 10 Ton Beras. Foto: iNewsTasikmalaya.id

Aswin menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan BRI Tasikmalaya untuk memfasilitasi pembayaran menggunakan QRIS. Setiap pembelian dengan QRIS akan mendapatkan diskon sebesar Rp2.500 per kantong.

Berdasarkan pengamatan harga dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) per 22 September 2023, harga beras di Pasar Rakyat Kota Tasikmalaya berada dalam rentang harga Rp13 ribu per kilogram untuk kualitas bawah hingga Rp14.500 per kilogram untuk kualitas super.

Ini berarti tidak ada varian harga beras medium dengan HET Rp10.900 per kilogram sesuai dengan Peraturan Bapanas Nomor 7 Tahun 2023 tentang Harga Eceran Tertinggi Beras.

Dalam operasi pasar beras kali ini, Bulog Subdivre Ciamis mendistribusikan 10 ton beras SPHP ke depan ke Koperasi Pasar Cikurubuk untuk ketersediaan lima hari. Jumlah beras yang didistribusikan ini telah disesuaikan karena penyaluran Beras Bantuan Pangan Bapanas kepada masyarakat Kota Tasikmalaya sebanyak 1.500 ton untuk 150 ribu masyarakat prasejahtera telah dilakukan beberapa hari sebelumnya.

Aswin berharap bahwa dengan ketersediaan pasokan beras di masyarakat dan pasar, efektivitas program Bantuan Pangan dan Beras SPHP melalui operasi pasar dapat terlihat dalam pengaruhnya terhadap keterjangkauan harga di masa depan.

Selain itu, diharapkan masyarakat tidak melakukan panic buying karena beras dapat diperoleh melalui bantuan pangan dan beras SPHP.

"Ikhtisar ini diharapkan dapat mendukung pengendalian inflasi Kota Tasikmalaya untuk mencapai target pengendalian inflasi 3±1 persen pada akhir tahun 2023. Selain itu, berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi ke depan, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, operasi pasar ini diharapkan dapat menstabilkan harga komoditi beras serta angka inflasi dapat terkontrol.

“Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam mengontrol angka inflasi serta hadirnya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khusunya masyarakat kurang mampu,” ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network