Ribuan Siswa SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Heru Rukanda
Ribuan Siswa SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya Ikuti Bimbingan Manasik Haji, Motivasi dan Pendidikan Karakter. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Siswa SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya mengikuti bimbingan manasik haji di lingkungan sekolah, Senin (12/6/2023).

Mereka menggunakan pakaian serba putih layaknya sedang melaksanakan ibadah umrah atau haji. Para siswa yang mengikuti praktik bimbingan manasik haji ini merupakan siswa kelas X dan XI.

Dalam pelaksanaan praktik bimbingan manasik haji, pihak sekolah menggandeng pihak tour and travel haji, Cahaya Raudhah Travel Haji.

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMKN 2 Tasikmalaya, Herman Suherman mengatakan, kegiatan bimbingan manasik haji ini diikuti oleh 1.650 siswa.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun yang waktunya dilaksanakan bertepatan dengan waktu pelaksanaan ibadah haji.

“Bimbingan manasik haji untuk para siswa ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Ini merupakan tahun kelima,” kata Herman.

Ia menjelaskan, ibadah haji ada 3 macam, yakni haji tamattu, ifrad, dan qiran. Saat ini yang dilakukan adalah bimbingan haji tamattu.

“Secara umum jamaah haji Indonesia melaksanakan haji tamattu. Artinya ibadah umrah dulu kemudian haji,” jelasnya.

Herman menuturkan, dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji ini, setelah berniat haji kemudian berkumpul di Arafah, melempar jumroh di Mina, tahalluh, kemudian tawaf dan sa’i.

“Kita bimbing anak-anak tata cara dalam pelaksanaan ibadah haji. Kita sampaikan materi-materinya, mulai dari lafaz niat dan doa-doa selama  proses ibadah haji,” tuturnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network