Arti Childfree yang Ternyata Sudah Populer di Dunia Sejak 1970-an

Heru Rukanda
Arti Childfree yang Ternyata Sudah Populer di Dunia Sejak 1970-an. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Istilah Childfree (tidak punya anak) kini tengah populer di tengah masyarakat di beberapa negara, tidak terkecuali di Indonesia. Faktanya, banyak milenial memilih Childfree karena ingin bahagia.

Jadi, apa arti Childfree? Secara umum, Childfree mengacu pada seseorang yang ingin bebas tanpa memiliki anak. Ternyata, istilah Childfree ini bukan hanya tren saat ini saja. Namun, Childfree berkembang pesat di era 1970-an.

Bahkan saat itu sudah banyak organisasi "tanpa anak karena pilihan”. Bahkan pilihan itu dilakukan dengan sadar karena ingin hidup bebas.

Jadi, apa itu Childfree? Berikut rangkuman iNewsTasikmalaya.id dari berbagai sumber, Selasa (14/2/2023):

Childfree adalah istilah yang merujuk pada orang dewasa yang tidak memiliki anak, baik biologis, adopsi atau lainnya, seperti dilansir Fertility Smart. Kata lain Childfree adalah childfree by choice atau childless by choice.

Penggunaan kata ini sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Pasalnya, disesuaikan lagi dengan alasan pemilihannya. Misalnya, beberapa orang dewasa berinisiatif mengambil keputusan untuk tidak memiliki anak.

Di sisi lain, ada orang dewasa yang telah memutuskan untuk memiliki anak tapi belum dapat memiliki anak. Alasan yang sering muncul di permukaan adalah karir, pekerjaan menyita banyak waktu, dan karir yang memuaskan sulit didapatkan.

Keputusan Childfree juga didorong oleh tingginya biaya hidup. Memiliki bayi saja bisa menghabiskan banyak biaya, menurut beberapa ahli dan pengamat hubungan keluarga. Misalnya, rata-rata biaya melahirkan di Indonesia Rp5-10 juta.

“Ada banyak alasan mengapa orang tidak memiliki anak. Orang yang memilih untuk tidak memiliki anak tidak perlu menjelaskan alasannya kepada siapa pun," kata sutradara dan artis Fairygoodbos Leslie W, seperti dikutip dari iNews.id, Selasa (14/2/2023).

Laporan Fairygoodbos menunjukkan betapa banyak orang dewasa yang memilih untuk tidak memiliki anak demi melindungi kesejahteraan mereka sendiri.

Selain itu, beberapa calon orang tua menyadari bahwa kesehatan mereka rapuh yang mungkin tidak adil bagi anak-anak yang kehilangan orang tua atau berurusan dengan orang tua dengan penyakit kronis.

Itulah penjelasan arti Childfree yang populer di dunia sejak era 1970-an.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network