Penjualan Mobil Astra Daihatsu Meningkat 24,9 Persen di 2022, Pertahankan Posisi 2 di Pasar Otomotif

Heru Rukanda
Penjualan Mobil Astra Daihatsu Meningkat 24,9 Persen di 2022, Pertahankan Posisi 2 di Pasar Otomotif. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Daihatsu menutup tahun 2022 dengan raihan yang positif. Penjualan unit mobil Daihatsu meningkat hingga 24,9 persen. Jika di 2021 penjualan mobil mencapai 151.107 unit, tapi di 2022 meninkat menjadi 188.660.

Marketing dan CR Relation Division Head PT Astra Internasional Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama 2022 tetap didominasi oleh top 3 model seperti Sigra 47.066 unit, Grand Max Pick Up sebanyak 45.617 unit, dan Xenia sebanyak 23.966 unit.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia, sehingga Daihatsu menutup tahun 2022 dengan raihan positif,” ujar Hendrayadi, Sabtu (21/1/2023).

Dengan capaian yang diraih oleh Daihatsu sepanjang 2022,  ia optimis dapat mempertahankan posisi kedua di pasar otomotif Indonesia.

“Kami optimis, capaian ini juga dapat mempertahankan Daihatsu di posisi nomor dua pasar otomotif Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Astra Daihatsu Tasikmalaya DSK, Rindi Kusumah Wardani mengatakan, untuk target penjualan di 2023 pihaknya sangat optimis karena selama dua tahun pasca pandemi ini perkembangan otomotif cukup pesat.

“Target 2023 kita optimis karena secara angka di nasional juga cukup tinggi tren di dua tahun terakhir pasca pandemi perkembangan otomitif juga cukup pesat. Terima kasih juga buat pemerintah yang telah memberikan benefit insentif berupa PPnBM ya di 2021 atau dari akhir 2020. Itu yang cukup membuat market otomotif bergeliat dan recoverynya sangat cepat. Sehingga secara target pun kita sangat optimis karena melihat Gekindo di tahun 2022 secara ritel salesnya sudah tembus lagi satu juta unit total auto, artinya semua merek dan tipe,” kata Rindi.

Ia menuturkan, kendati adanya risiko resesi seperti yang disampaikan oleh presiden, tapi pihaknya sangat optimis karena segmen market Daihatsu mulai dari midle up.

“Kita memandang 2023 ini sangat optimis walaupun memang seperti yang disampaikan oleh presiden kita ada risiko terjadinya resesi, tapi kita tetap optimis karena Daihatsu ini segmennya bisa dibilang midle up, artinya ada di segmen seperti UKM yang di mana perputaran uang besarnya ada di situ. Yang kita harapkan sebenarnya ketika teman-teman UKM atau masyarakat masih cukup konsumtif rasanya resesi itu tidak terjadi masalah sehingga market otomotif cukup optimis,” tandasnya. .

Ia menuturkan, untuk promo 2023 masih hampir sama dengan akhir 2022. Pihaknya memberikan free untuk asuransi TLO, pembelian cash untuk semua unit all Xenia, Terrios, dan Rocky.

“Kita juga ada promo untuk nick lama itu ada subisi DP (uang muka) sampai dengan diskon Rp2 juta di luar diskon yang sudah ada. Ada juga tambahan cash back berupa Astrapay sebesar Rp500 ribu. Kemudian ada juga benefit ketika mau tred in dengan rekanan sesama Astra kita mobil88 itu ada promo cash back Astrapay sampai Rp5 juta tergantung tipe dan ada juga free oli untuk Rocky,” ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network