Relawan di Cipatujah Deteksi dan Evakuasi Pasien Gangguan Jiwa

Indra Sanjaya
Relawan di Cipatujah Deteksi dan Evakuasi Pasien Gangguan Jiwa. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id Relawan Kesehatan Kecamatan Cipatujah, bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos), Badan Amal Zakat Nasional (Baznas), dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya, baru-baru ini melakukan kunjungan ke dua warga yang mengalami gangguan jiwa.

Dua pasien, TS (46) dan OB (73), telah diperiksa oleh tim kesehatan dan kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di wilayah Jawa Barat. Sebelumnya, kedua pasien tersebut diisolasi oleh keluarga mereka di sebuah ruangan belakang rumah karena dianggap meresahkan masyarakat sekitar.

Iyan Supriyatna, Relawan Kesehatan Kecamatan Cipatujah, menjelaskan bahwa kedua pasien tersebut telah mengalami gangguan kejiwaan selama sekitar lima tahun.

"Mereka ditempatkan di ruangan tersebut oleh keluarga untuk mencegah mereka mengganggu masyarakat," ungkap Iyan kepada iNewsTasikmalaya.id, Kamis (10/10/2024).

Iyan menambahkan bahwa bersama dengan dinas terkait dan Baznas, mereka melakukan peninjauan, pemeriksaan kesehatan, dan evakuasi kedua pasien tersebut.

"Keduanya berasal dari Desa Padawaras, Kecamatan Cipatujah, dan kini telah dievakuasi oleh pihak dinas untuk mendapatkan perawatan di RSJ wilayah Jawa Barat," tutupnya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network