KPU Kota Tasikmalaya Blusukan ke Pemukiman untuk Sosialisasi Pilkada 2024

Kristian
KPU Kota Tasikmalaya Blusukan ke Pemukiman untuk Sosialisasi Pilkada 2024. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya menggelar kegiatan blusukan ke pemukiman di pelosok Kampung Batiah, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari, pada Jumat (27/9/2024). 

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Tasikmalaya, Leisa Dera, yang didampingi oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). 

Mereka mengunjungi rumah-rumah warga untuk memberikan informasi terkait jadwal dan tata cara pemungutan suara. Tim sosialisasi juga membagikan kaos dengan gambar angka 27, sebagai simbol tanggal pelaksanaan pencoblosan.

"Kami bersama teman-teman dari PPK Tamansari melakukan sosialisasi di Kelurahan Setiawargi, yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya," ujar Leisa.

Leisa menjelaskan bahwa Kampung Batiah terletak di ujung wilayah Kelurahan Setiawargi. Pada Pemilu 2024 lalu, akses warga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) cukup jauh, sehingga banyak warga yang belum mengetahui detail informasi tentang Pilkada.

"Saat kami melakukan sosialisasi, beberapa warga ternyata belum mengetahui adanya Pilkada serentak pada 27 November nanti. Hal ini mungkin karena akses informasi yang terbatas, seperti kurangnya sarana televisi atau media lain di sini. Kami berharap dengan sosialisasi ini, masyarakat bisa lebih siap dan paham mengenai pelaksanaan Pilkada," jelas Leisa.

Kegiatan blusukan ini merupakan upaya KPU Kota Tasikmalaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih di daerah yang sebelumnya tercatat memiliki tingkat partisipasi rendah. 

"Kami ingin memastikan bahwa partisipasi pemilih di Pilkada ini bisa lebih tinggi dari Pemilu sebelumnya, yang mencapai 86 persen. Kami berharap Pilkada kali ini bisa lebih baik lagi," harap Leisa.

Selain di Kecamatan Tamansari, KPU Kota Tasikmalaya berencana melakukan kegiatan serupa di seluruh kecamatan di wilayah Kota Tasikmalaya. 

"Kami akan melakukan sosialisasi ini di semua kecamatan bersama PPK dan PPS. Hari ini kami fokus di Setiawargi, tapi kegiatan ini juga akan kami lakukan di pasar-pasar dan tempat lain, termasuk pemukiman warga di kecamatan lainnya," tambahnya.

Salah satu warga Kampung Batiah, Wati (30), mengaku sudah mengetahui tentang Pilkada yang akan digelar. "Sudah ada sosialisasi dari PPK dan PPS ke sini. Saya juga sudah tahu bahwa ada lima pasangan calon yang akan bertarung," ujarnya.

Wati berharap, siapapun yang terpilih nanti bisa lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah pelosok. 

"Kami berharap pemimpin yang terpilih nanti bisa memperhatikan warganya, terutama terkait infrastruktur seperti jalan. Penerangan sudah cukup, tapi kondisi jalan masih perlu diperbaiki," ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa akses ke TPS cukup jauh. "Ke TPS jaraknya lumayan jauh, sekitar 20 menit kalau jalan kaki karena lokasinya berada di pegunungan," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network