Tasik Muslim Fair 2024 Resmi Dibuka, Pj Sekda Kota Tasikmalaya: Dorong Pemberdayaan Ekonomi Umat

Kristian
Tasik Muslim Fair 2024 Resmi Dibuka, Pj Sekda Kota Tasikmalaya: Dorong Pemberdayaan Ekonomi Umat. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Asep Goparullah, secara resmi membuka Tasik Muslim Fair 2024 yang diadakan di Graha Plaza Asia, Jumat (27/9/2024) pagi. 

Acara ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat hingga Minggu (27-29/9/2024), dengan berbagai kegiatan menarik seperti seminar, workshop, dan pameran yang mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berbasis Islami.

Dalam sambutannya, Asep Goparullah menyatakan bahwa Tasik Muslim Fair 2024 adalah agenda tahunan yang bertujuan untuk tidak hanya mempertemukan masyarakat dengan berbagai produk dan layanan Islami, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan edukasi dan pemberdayaan ekonomi umat. 

"Pameran ini menghadirkan berbagai sektor UMKM, mulai dari busana muslim, kuliner halal, produk herbal, travel haji dan umroh, perbankan syariah, kosmetik halal, hingga multi produk lainnya. Ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh para pelaku UMKM di Tasikmalaya," ungkap Asep.

Ia juga menyoroti peluang besar dalam mengembangkan pasar produk halal di tingkat nasional maupun internasional. Menurutnya, dengan diberlakukannya kewajiban sertifikasi halal penuh pada tahun 2024 untuk produk makanan dan minuman, Tasikmalaya memiliki peluang besar untuk memperkuat posisinya dalam ekonomi syariah.

"Tasik Muslim Fair 2024 merupakan bukti bahwa ekonomi syariah memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang. Dengan jumlah penduduk Muslim di Indonesia yang mencapai lebih dari 241 juta jiwa, acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para pengusaha muslim, memperluas jaringan bisnis, serta memperkuat pemberdayaan ekonomi umat di Tasikmalaya dan sekitarnya," jelasnya.

Pembukaan acara ini turut dihadiri oleh berbagai pihak, seperti Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Korwil Priangan Timur beserta jajarannya, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Kota Tasikmalaya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya, serta para pengusaha muslim setempat.

Dengan diselenggarakannya Tasik Muslim Fair 2024, diharapkan dapat semakin mendorong pengembangan UMKM Islami di Tasikmalaya dan menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam memajukan ekonomi umat berbasis syariah.

 

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network