1100 Anak Ikuti Khitanan Massal Gratis HUT Kodam III Siliwangi dan Bhayangkara ke-78 di Tasikmalaya

Heru Rukanda
1100 Anak Ikuti Khitanan Massal Gratis HUT Kodam III Siliwangi dan Bhayangkara ke-78 di Tasikmalaya. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Sebanyak 1100 anak dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya mengikuti khitanan massal gratis di Komplek Islamic Center, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Sabtu (1/6/2024).

Khitanan massal ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kodam III Siliwangi ke-78 dan HUT Bhayangkara ke-78, serta sebagai bentuk syukuran khitanan anak seorang pengusaha asal Tasikmalaya.

"Ini khitanan massal dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi ke-78, bersamaan dengan HUT Bhayangkara ke-78, serta syukuran khitan anak pengusaha," kata Kapolres Tasikmalaya AKBP Bayu Catur Prabowo kepada wartawan di lokasi khitanan massal.

Peserta khitanan ini bukan hanya berasal dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, melainkan ada dari Kabupaten Pangandaran, dan Garut. 

Sejak pukul 02.00 WIB, anak-anak yang akan mengikuti khitanan massal sudah berada di lokasi. Peserta bervariasi mulai dari balita hingga anak-anak.

"Pesertanya dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, juga dari Pangandaran dan Garut. Total ada 1100 peserta khitanan massal. Tadi saya cek, ternyata masih ada yang usianya satu setengah bulan," ucap Bayu.

Menurut Bayu, khitan itu sebagai bentuk kepatuhan terhadap Allah SWT. Bentuk kepatuhan ini yang diharapkan dari anak-anak yang nanti dewasa mengikuti perintah Allah SWT. Salah satunya dimulai dari kihitan. 

"Kenapa anak itu perlu segera dikhitan? Agar anak-anak kita itu bisa segera terbebas dari najis. Tetapi dari sisi kesehatan pun ada, bahwa khitan ini sangat penting untuk hygienis," ujarnya. 

"Jadi alhamdulillah, bapak dan ibu yang sekarang membawa anak untuk mengikuti kegiatan khitan ini, insyaAllah mudah-mudahan anak kita menjadi anak-anak yang taat terhadap perintah Allah SWT dan juga menjadi anak yang sholeh dan dibanggakan orang tuanya, bisa berguna bagi masyarakat, agama, dan negara, " pungkasnya.

Khitanan massal ini melibatkan puluhan petugas kesehatan dari TNI, Polri, Dinas Kesehatan, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. 

Salah seorang orang tua yang anaknya mengikuti khitanan massal dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi ke-78 dan HUT Bhayangkara ke-78, Irpan (39) mengatakan, anaknya memang sudah ingin dikhitan. 

Dengan adanya khitanan massal ini, ia dan istrinya sangat terbantu untuk mewujudkan keinginan anaknya segera dikhitan. "Terima kasih banyak untuk TNI, Polri, dan Gandara, anak saya sekarang sudah dikhitan. Terima kasih," ungkapnya penuh kebahagiaan. 

Para orang tua merasa bersyukur karena bisa mengkhitan anaknya. Mereka juga mendapatkan obat-obatan, santunan, hingga kebutuhan lainnya yang disediakan panitia.

"Alhamdulillah bersyukur, semoga anak kami cepat pulih. Haturnuhun pak TNI dan Polisi serta pengusaha yang sudah mengadakan acara ini," ucapnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network