Hindari Kemacetan di Jalan, Pemudik asal Ciamis Pilih Naik Sepeda Menuju Cimahi Bandung

Kristian
Hindari Kemacetan di Jalan, Pemudik asal Ciamis Pilih Naik Sepeda Menuju Cimahi Bandung. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Seorang pemudik asal Ciamis bernama Asep Muhammad (24) yang melintasi Jalur Gentong Tasikmalaya, memilih menggunakan sepeda sebagai salah satu kendaraan untuk balik kembali ke perantauannya di Cimahi, Jawa Barat (Jabar).

Saat melintas tepat di depan Pos Terpadu Letter U Lingkar Gentong Tasikmalaya, dirinya disambut pihak kepolisian yang sedang bertugas mengatur arus lalin di jalur tersebut. Ia pun tampak bercengkrama membagikan cerita perjalanannya kepada petugas kepolisian di sana.

Asep mengatakan, dari Ciamis berangkat setelah melaksanakan shalat dzuhur. Selama perjalanan hingga sampai ke Lingkar Gentong, ia sudah beristirahat selama 6 kali.

Asep menuturkan, mudik dengan menggunakan sepeda sudah menjadi aktivitas rutinnya. Selain menghindari kemacetan, hal itu juga dilandaskan atas kecintaan pada hobi bersepeda.

“Sekarang arus balik dari Ciamis ke Cimahi. Iya karena hobi terus menghindari kemacetan kemudian hemat biaya sih. Memang sudah biasa, jadi senang bersepeda jarak jauh. Mudik naik sepeda sudah tiga tahun sama tahun ini, berarti dari tahun 2022” kata Asep. 

Menurutnya, butuh waktu selama 12 jam untuk bisa sampai ke Cimahi, Jabar. Pasalnya, waktu yang ia tempuh itu dilihat pasca dirinya melakukan perjalanan mudik.

“Kalau kemarin berangkat mudik itu 12 jam dan kemarin juga nyobain rata-rata 12 jam perjalanan” ungkapnya.

"Kalau misalkan sudah capek ya istirahat, minum kalau enggak ngemil terus lanjut lagi gitu tapi kalau misalkan udah posisi drop istirahat aja” tambahnya.

Barang uang dibawa sebagai persiapan pun cukup ringkas. Sejumlah perlengkapan yang dibawa saat perjalanan adalah sparepart, seperti ban dalam, kunci T, beberapa baju ganti, minuman, dan makanan ringan.

“Kalau perbekalan sih biasanya makanan kemudian untuk khusus sepeda biasanya sparepart soalnyakan kalau sepeda jarang ada bengkel jadi sebisa mungkin bawa sparepart cadangan kalau misalnya ada trouble atau semacamnya” tandasnya.

Ia yang berhenti di Pos Terpadu Letter U Lingkar Gentong itu pun mendapatkan apresiasi dari Kasatlantas Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Dede Iskandar.

"Hebat nih, hindari kemacetan ia gunakan sepeda untuk melakukan perjalanannya. Selain untuk berolahraga juga bisa menghemat biaya, semoga selamat sampai tujuan," kata Iptu Dede Iskandar.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network