Berkah Ramadhan, IKWI Jabar Gelar Program Nyaah ka Sepuh Beri Sembako dan Santunan ke Panti Jompo

Firman Suryaman
Berkah Ramadhan 1445 H, IKWI Jabar Gelar Program Nyaah ka Sepuh Beri Sembako dan Santunan ke Panti Jompo. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsTasikmalaya.id - Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jabar menggelar kegiatan Berkah Ramadan 1445 H, dengan tema Nyaah ka Sepuh. 

Kegiatan Nyaah ka Sepuh IKWI Jabar diisi dengan kegiatan mengunjungi Panti Tresna Werdha Budi Pertiwi di Jalan Sancang No 2 Bandung, Sabtu (30/3/2024).

Panti Tresna Werdha Budi Pertiwi ini merupakan salah satu panti tertua di Kota Bandung yang sudah ada sejak tahun 1938 dan didirikan oleh Budi Istri. 

Mulanya, panti ini diperuntukan bagi istri dan anak para pejuang yang gugur di medan perang saat masa penjajahan. Barulah setelah memasuki zaman kemerdekaan, keberadaan panti ini dimanfaatkan menjadi Panti Werdha yang dikelola oleh Yayasan Budi Luhur.

“Penghuni Panti Tresna Werdha Budi Pertiwi saat ini sebanyak 21 lansia wanita, dengan usia paling muda 61 tahun dan paling tua 98 tahun. Sementara pengurus panti ada 10 orang," ungkap Asep, salah seorang pengelola, saat menerima pengurus IKWI Jabar.

Di antara para lansia tersebut, kata Asep, yang masih kuat berpuasa sebanyak 18 orang.

Ketua IKWI Jabar, Jiean Ajiyanpi Novalia, didampingi 20 pengurus, menyerahkan bantuan berupa beras, telur, minyak goreng, susu kental manis dan uang tunai.

“Mohon jangan dilihat dari jumlah bantuan, ini wujud dari kecintaan kami IKWI Jawa Barat kepada para sepuh,” ujar Jiean.

Para penghuni panti yang bisa dipanggil oma mengaku senang dengan adanya bantuan IKWI Jabar tersebut. Acara sempat diisi dengan kegiatan menghibur para lansia dengan bernyanyi bersama serta ditutup dengan berfoto bersama.

Lebih lanjut, Asep menjelaskan, hingga saat ini panti tak lagi menerima lansia untuk mengurangi beban pengeluaran karena para lansia yang tinggal di panti werdha ini tidak dipungut biaya sepeser pun.

“Kami di sini hanya mengandalkan, keberadaan donatur. Sayangnya saat pandemi Covid-19 lalu jumlah donatur berkurang," imbuh Asep.

Setelah kunjungan ke panti, kegiatan IKWI Jabar dilanjutkan dengan menghadiri pemutaran dan diskusi film dengan tema 'Pers dan Wartawan dalam Film Indonesia' dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Film Nasionsl 2024, di Aula PWI Jabar, Jalan Wartawan II No 23 Bandung. 

Narasumber diskusi film adalah Ir Chand Parwez dari Starvision Plus, artis Soleh Solihun dan Joe P Project. Ikut hadir Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat, beserta seluruh jajaran pengurus, serta perwakilan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Bandung.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network