Samsat Digital Permudah Masyarakat Kota Banjar dalam Membayar Pajak Kendaraan

Budiana Martin
Samsat Digital Permudah Masyarakat Kota Banjar dalam Membayar Pajak Kendaraan. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Membayar pajak tepat waktu adalah tanggung jawab penting yang tidak boleh diabaikan oleh setiap wajib pajak.

Untungnya, teknologi digital telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak secara digital, termasuk di Kota Banjar, Jawa Barat.

Pemerintah Jawa Barat melalui Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Banjar telah menyediakan mesin Anjungan Digital Mandiri (ADM) di salah satu Pasar Modern yang berada di Jalan Letjen Soewarto, Kota Banjar.

Kolaborasi antara P3DW dan Bidang Pendapatan (BPKPD) Kota Banjar telah memungkinkan terciptanya layanan Samsat Digital melalui mesin ADM untuk kebutuhan wajib pajak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan (P2), serta pemilik kendaraan bermotor.

Dengan mesin ADM ini, wajib pajak dapat dengan mudah mengecek status kendaraan atau besaran pajak yang harus dibayar dengan menempelkan KTP elektronik dan sidik jari.

Selain itu, wajib pajak juga dapat langsung membayar pajak tahunan menggunakan uang digital melalui barcode QRIS yang tertera di layar mesin ADM dan melakukan pemblokiran status kepemilikan kendaraan.

"Ini adalah Samsat Digital, merupakan aplikasi kita (Bappenda Jawa Barat)," kata Kepala P3DW Kota Banjar, Benny Suranata, pada Rabu (20/3/2024).

Proses pengecekan melalui mesin ini dapat dilakukan dengan mudah, hanya dengan menggunakan KTP elektronik dan sidik jari, kemudian memasukkan email dan nomor WhatsApp.

"Nanti akan muncul layanan yang sudah disiapkan dalam aplikasi Samsat Digital atau mesin ADM tersebut," tambahnya.

Dalam waktu dekat, mesin ADM akan dipasang di dekat pintu masuk Pasar Modern di Jalan Letjen Soewarto Kota Banjar, dengan disiapkan petugas untuk membantu masyarakat dalam memanfaatkan mesin ADM tersebut.

"Ini merupakan proyek pilot di Jawa Barat, di mana aplikasi ADM ini baru diterapkan di Kota Banjar dengan kolaborasi BPKPD yang mengurusi Pajak PBB," ungkapnya.

Dengan adanya mesin ADM ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam menggunakan layanan Samsat Digital untuk pembayaran pajak kendaraan dan PBB.

"Mesin ini cukup mudah digunakan, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh wajib pajak," tambahnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network