HPSN 2024, DLH Kota Tasikmalaya Imbau Masyarakat Kuatkkan Komitmen Pilah Sampah dari Sumbernya

Kristian
HPSN 2024, DLH Kota Tasikmalaya Imbau Masyarakat Kuatkkan Komitmen Pilah Sampah dari Sumbernya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA,    iNewsTasikmalaya.id - Momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya mengimbau masyarakat untuk memperkuat komitmen dalam mengelola dan memilah sampah sejak dari sumbernya. Tema HPSN 2024, yaitu Atasi Sampah Plastik dengan Cara yang Produk, menjadi landasan bagi ajakan ini.

Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Muda DLH Kota Tasikmalaya, Dewi Nusarini, mengatakan, bahwa tema tersebut selaras dengan Peraturan Wali Kota (Perwalkot) tentang Pengurangan Sampah Plastik Sekali Pakai yang dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya pada Januari sebelumnya.

"Kami tidak hanya akan mengadakan acara seremonial, tetapi kami juga akan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk memilah sampah sejak dari sumbernya, baik itu di rumah, kantor, sekolah, atau fasilitas lainnya," kata Dewi.

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada Jumat (23/2/2024), melibatkan masyarakat dari 10 kecamatan di Kota Tasikmalaya dan semua pihak terkait. Mereka akan diminta untuk melaporkan berat sampah yang telah dipilah.

"Semua instansi diharapkan melaksanakan ini untuk memilah sampah dari sumbernya. Batas waktu pelaksanaannya adalah 27 Februari," tambahnya.

Dewi menjelaskan, manfaat dari memilah sampah sejak dari sumbernya, yakni mengurangi jumlah sampah yang harus ditransportasi ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Meskipun telah banyak dilakukan edukasi kepada masyarakat, upaya tersebut belum merata dan belum mencapai seluruh lapisan masyarakat.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network