Distan Kota Banjar Bakal Salurkan 85 Ribu Benih Ikan Gurame Soang dan Nila Nirwana

Budiana Martin
Distan Kota Banjar Bakal Salurkan 85 Ribu Benih Ikan Gurame Soang dan Nila Nirwana. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Pemerintah Kota Banjar telah mengalokasi 85 ribu benih ikan untuk kelompok budidaya perikanan (Pokdakan) di wilayahnya secara gratis pada 2024.

Kebijakan penyaluran benih ikan secara cuma-cuma ini diimplementasikan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Kota Banjar pada 2024.

Kepala Distan Kota Banjar, Yoyon Cuhyon, melalui Kepala UPTD Balai Benih Ikan, Sri Irawati, mengatakan, sebelumnya, kebijakan alokasi benih ikan tidak diterapkan kepada Pokdakan di daerah tersebut.

Pada 2023, UPTD BBI masih memiliki tanggung jawab sebagai penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banjar. Namun, saat ini, BBI telah dikembalikan sebagai pelayanan penyedia benih ikan.

"Sekarang kita tidak lagi berfungsi sebagai penghasil PAD, sudah dikembalikan, dan fokus pada pelayanan penyediaan benih untuk masyarakat," kata Sri, Kamis (18/1/2024).

Sri menjelaskan, bahwa pada 2024, pihaknya menyediakan sekitar 85 ribu benih ikan dari dua jenis, yaitu ikan Gurame Soang dan Nila Nirwana 3.

"Rinciannya, benih ikan Gurame Soang sekitar 50 ribu ekor dan Nila Nirwana 3 sebanyak 36 ribu ekor," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network