Sambut Usia Emas, Prodia Gelar Seminar Gaya Hidup Sehat dan Tepat Berdasarkan Gen Mu di Tasikmalaya

Heru Rukanda
Sambut Usia Emas, Prodia Gelar Seminar Gaya Hidup Sehat dan Tepat Berdasarkan Gen Mu di Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Memperingati Hari Jadi ke-50 tahun atau usia emas, Prodia menggelar seminar Personal & Precise to Embrace Future Healthcare dengan tema Ketahui Gaya Hidup Sehat dan Tepat Berdasarkan Gen Mu di Hotel Grand Metro Tasikmalaya, Sabtu (7/10/2023).

Seminar ini juga dilakukan diberbagai kota di Indonesia dan Kota Tasikmalaya menjadi kota ke-42 dari pelaksanaan seminar di 50 kota. 

Ketua panitia seminar, Astuti mengatakan, para peserta seminar berasal dari berbagai wilayah di Tasikmalaya baik kota maupun kabupaten. 

"Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 100 orang. Jumlahnya. dibatasi karena memang hanya diperuntukkan untuk seratus orang," kata Astuti. 

Ia menyampaikan, pemateri dalam seminar tersebut adalah dr. Mia Miranda, SpGK dan Riska Widyasari, S. Si. "Tema seminar hari ini adalah Ketahui Gaya Hidup Sehat dan Tepat Berdasarkan Gen Mu," ujarnya. 

Gaya Hidup Sehat dan Tepat Berdasarkan Gen Mu 

Memahami dan mengikuti gaya hidup sehat yang sesuai dengan genetika individu dapat memiliki dampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan. 

Ilmu ini dikenal sebagai pemahaman nutrigenomika dan nutrigenetika, yang mempelajari interaksi antara genetika, pola makan, dan gaya hidup. 

Berikut adalah beberapa langkah untuk membangun gaya hidup sehat dan tepat yang sesuai dengan genetika individu:

Genetika dan Pola Makan

Beberapa orang mungkin cenderung lebih sensitif terhadap jenis makanan tertentu berdasarkan genetika mereka. Misalnya, seseorang dengan risiko genetik tinggi terhadap diabetes mungkin perlu membatasi konsumsi gula dan karbohidrat sederhana.

Olahraga dan Aktivitas Fisik

Studi menunjukkan bahwa genetika juga memainkan peran dalam seberapa mudah seseorang membangun otot atau kehilangan lemak. 

Mengetahui kecenderungan genetik Anda dapat membantu merancang rutinitas olahraga yang sesuai, termasuk jenis olahraga dan intensitasnya.

Manajemen Stres 

Reaksi terhadap stres juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Latihan relaksasi seperti meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dalam dapat membantu mengelola stres secara efektif, terlepas dari kerentanannya terhadap stres berdasarkan genetika.

Tidur yang Cukup

Gen juga mempengaruhi pola tidur seseorang. Beberapa orang mungkin cenderung menjadi "burung dini hari" atau "burung malam" berdasarkan faktor genetik. 

Menyesuaikan rutinitas tidur dengan pola tidur alami Anda dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesejahteraan.

Mengelola Berat Badan 

Genetika juga dapat mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk mengalami obesitas atau kesulitan menurunkan berat badan. 

Dengan memahami faktor-faktor genetik ini, seseorang dapat merancang rencana diet dan olahraga yang sesuai.

Pemantauan Kesehatan

Dalam beberapa kasus, tes DNA kesehatan dapat memberikan wawasan tentang risiko genetik terhadap penyakit tertentu.

Pemantauan kesehatan secara teratur dan berbicara dengan profesional medis tentang hasil tes genetik dapat membantu dalam pencegahan atau deteksi dini penyakit.

Penting untuk diingat bahwa meskipun genetika memainkan peran, faktor lingkungan seperti pola makan seimbang, olahraga teratur, manajemen stres, tidur yang cukup, dan keberhentian kebiasaan merokok atau minum alkohol memiliki dampak yang sangat besar pada kesehatan dan kesejahteraan. 

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan genetika Anda.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network