Ratusan Lansia di Kota Tasikmalaya Semringah Dapat Kacamata Baca Gratis

Kristian
Ratusan Lansia di Kota Tasikmalaya Semringah Dapat Kacamata Baca Gratis. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Sebanyak 138 warga lanjut usia (lansia) di Kampung Cintarasa, Kelurahan Lengkongsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, semringah karena mendapatkan kacamata baca gratis.

Pembagian kacamata baca gratis tersebut merupakan program bakti sosial (baksos) dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Tasikmalaya. Pada kegiatan baksos bertajuk bengras tersebut, dilaksanakan juga pemeriksaan mata gratis bagi para lansia. 

Ketua DPD PKS Kota Tasikmalaya Yadi Mulyadi mengatakan, kegiatan baksos ini adalah implementasi dari hasil rapat kerja nasional (rakernas) beberapa waktu lalu yang salah satunya membantu pemeriksaan mata bagi lansia dan pembagian kacamata gratis

"Sesuai instruksi rakernas itu ada program bengras, yang mana implementasinya mendorong para kader dan pengurus untuk peka terhadap persoalan serta kebutuhan masyarakat," kata Yadi, Senin (6/3/2023).

Ia menyebut, pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis ini dilakukan juga di daerah lain. Menurutnya, pembagian kacamata gratis ini untuk membantu para lansia yang penglihatannya terganggu saat membaca terutama membaca Alquran. 

"Semoga bisa membantu mereka membaca Alquran dengan baik, apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, pasti mereka ingin tadarusan dengan membaca ayat suci Alquran dengan jelas. Sehingga kami melakukan baksos pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis," ujarnya. 

Yadi menuturkan, sesuai hasil rakernas, bahwa setiap kantor DPD harus bisa menjadi lumbung pangan bagi masyarakat. Maka dari itu, DPD PKS Kota Tasikmalaya akan melakukan program ATM beras dalam membantu kebutuhan pangan masyarakat.

"Insyaallah kita akan buat semacam ATM beras yang diperuntukan bagi siapa saja yang memang tidak punya beras sama sekali. Apalagi sebagian besar kader kami berada dalam status ekonomi kurang mampu," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RW 01 Cintarasa, Harniwan Obech, mengapresiasi langkah mulia yang dilakukan DPD PKS Kota Tasikmalaya. Menurutnya ini menjadi satu momentum yang luar biasa yang tentu sangat membantu masyarakat.

"Warga di sini semringah pastinya dan saya sangat mengapresiasi terhadap bakti sosial yang diadakan oleh DPD PKS Kota Tasikmalaya karena kegiatan ini memiliki multi efek. Di samping bakti sosial, kegiatan ini mendorong warga untuk bisa melaksanakan ibadah," kata Obech.

Ia menuturkan, sebagian besar warganya merupakan para lansia yang memiliki keterbatasan dalam pengelihatan. Dengan adanya kegiatan baksos ini, setidaknya dapat membantu warga pelaksanaan ibadah dalam membaca Alquran terlebih disaat Ramadhan nanti. 

"Apalagi saat ini menjelang Ramadhan ya, beberapa hari lagi kita akan melaksanakan ibadah puasa. Harapan saya masyarakat RW 01 Cintarasa bisa meningkatkan amaliah puasanya dengan tadarus," pungkasnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network