Lolos dari Maut, Begini Kesaksian Warga Nyaris Tertabrak Truk Tangki Pertamina di Tasikmalaya

Heru Rukanda
Dian warga Kamulyan, Manonjaya, selamat dari maut. Dian Nyaris Tertabrak Truk Tangki Pertamina di Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Inilah kesaksian warga yang nyaris tertabrak truk tangki Pertamina yang mengalami kecelakaan di Jalan RTA Prawira Adiningrat, Kampung Pasar Rebo, Desa/Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (14/11/2022).

Dian (24) warga Kamulyan, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, lolos dari maut setelah nyaris tertabrak truk tangki Pertamina yang menghantam klinik kesehatan Manonjaya Medical Center (MMC) dan apotek Cito Farma.

Dian mengatakan, sebelum truk tangki Pertamina tabrak klinik, dirinya baru keluar dari klinik dan akan menyalakan sepeda motor vespanya. Saat bersamaan truk tangki Pertamina masuk ke halaman klinik dan menabrak bagian depan bangunan klinik dan apotek.

“Saya lagi kemit adik saya yang dirawat di klinik. Pas saya mau keluar dari klinik mau pulang ke rumah, tiba-tiba truk tangki sudah ada di posisi kanan, sudah mau masuk halaman klinik. Alhamdulillah saya bisa menghindar mundur,” kata Dian di lokasi kejadian, Senin (14/11/2022).

Jika saja dia terlambat sedikit untuk menghindar, lanjut Dian, mungkin akan berbeda kejadiannya. Ia langsung mundur dan lari ke belakang menjatuhkan sepeda motor vespanya.

“Sepeda motor saya jatuhkan, saya langsung masuk ke dalam. Yang rusak bagian depan, plastik visor pecah dan kaca spion kiri rusak,” ujarnya.

Menurutnya, truk tangki Pertamina melaju dengan kencang. “Kalau yang saya lihat trukna kencang,” tandasnya.

Kecelakaan truk tangki Pertamina tabrak klinik kesehatan di Tasikmalaya terekam CCTV.

Dalam video rekaman CCTV yang berada di samping klinik, terlihat dua dump truk melaju dari arah Kota Tasikmalaya munuju arah Manonjaya-Cineam.

Truk tangki Pertamina dengan nomor polisi Z 9106 MO yang dikemudina Hilman Antonio (29) tahun berusaha menyalip dum truk yang ada di depannya.

Namun, truk tangki Pertamina tersebut gagal menyalip dan oleng ke kanan jalan kemudian menabrak bangunan klinik kesehatan Manonjaya Medical Center (MMC) dan apotek Cito Farma.

Kecelakaan truk tangki Pertamina tersebut terjadi sekira pukul 05.40 WIB di Jalan RTA Prawira Adiningrat, Kampung Pasar Rebo, Desa/Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (14/11/2022).

Truk tangki Pertamina dengan kapasitas 24.000 liter berisi 8.000 liter solar dan 16.000 liter pertalite tersebut rencananya akan menyalurkan BBM ke sejumlah SPBU.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota AKP Anaga Budiharso mengatakan, kecelakaan truk tangki Pertamina berisi bahan bakar minyak (BBM) tersebut berawal saat truk tangki hendak menyalip dump truk yang ada di depannya.

“Kejadian ini terjadi pukul 05.40 WIB. Truk tangki Pertamina ini awalnya iring-iringan dengan dump truk dari arah Kota Tasikmalaya. Truk tangki mencoba untuk menyalip dump truk yang ada di depannya, tapi karena dump truk terlalu ke tengah atau tidak memberi jalan, akhirnya sopir truk tangki membuang stir ke kanan dan masuk jalur lumpur atau tanah. Sopir hilang kendali dan akhirnya menabrak kilinik dan apotek,” kata AKP Anaga di lokasi kecelakaan, Senin (14/11/2022).

Menurut Anaga, dalam kecelakaan lalu lintas tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, dampak dari kecelakaan ini mengakibatkan kerugian materi saja. Sopir truk tangki Pertamina dan kernetnya, Pepep Permana (47) hanya mengalami luka ringan di bagian tangan. Setelah diberikan perawatan medis di puskesmas, keduanya diamankan di Mapolsek Manonjaya untuk dimintai keterangan.

“Alhamdulillah tidak ada korban. Untuk pengemudi truk dan kernet kita amankan di Polsek Manonjaya,” ucapnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network